Sukses

Dinkes Bandung Siagakan 400 Lebih Petugas Medis Saat Mudik Lebaran

Sebanyak 407 petugas medis Dinas Kesehatan Kota Bandung bersiaga pada saat masa mudik Lebaran 2018.

Liputan6.com, Bandung Sebanyak 407 petugas medis Dinas Kesehatan Kota Bandung bersiaga pada saat masa mudik Lebaran 2018. Petugas medis itu terdiri dari 137 dokter, 199 perawat dan 71 sopir ambulan.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bandung Siska Gerfianti, sebanyak 72 mobil ambulan dikerahkan untuk mengantisipasi keadaan darurat masa mudik Lebaran 2018 di kota. Rinciannya kata Siska adalah 49 mobil ambulan dan 23 mobil puskesmas keliling.

"Jadi insyaalah secara SDM, sarana dan prasarana ini kami sudah menyiapkan berikut jadwal jaga diseluruh posko kesehatan tadi sehingga mudah-mudahan pelayanan kesehatan tetap terjaga," kata Siska Gerfianti, Bandung, ditulis Selasa (5/6/2018).

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nomor Darurat 119

Seluruh petugas medis itu kata Siska, akan menempati posko kesehatan masa mudik Lebaran 2018 yang telah didirikan di beberapa titik. Diantaranya jelas Siska yaitu posko kesehatan di terminal, stasiun kereta, pusat keramaian, bandara serta taman kota.

Untuk pelayanan layad rawat yang telah dijalankan sebelum masa mudik berlangsung, tetap akan beroperasi seperti semula melayani masyarakat yang tidak mampu mendatangi pusat kesehatan. Masyarakat dengan kemampuan ekonomi terbatas tinggal menelepon 119, maka petugas medis yang berbasis di kantor kecamatan akan mendatangi tempat tinggal pasien.

"Jadi kalau dalam masa mudik ditemukan adanya lansia atau masyarakat yang kurang mampu sakit, diharapkan tetangganya menelepon ke nomor 119," ujar Siska. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.