Sukses

Malas Membersihkan Wajah, Kelopak Mata Wanita Ini Rusak

Seorang wanita asal Sydney, Australia, merasakan dampak buruk dari abai membersihkan riasan wajah sebelum tidur.

Liputan6.com, Jakarta Ritual membersihkan wajah dari makeup sebelum tidur wajib dilakukan semua wanita. Bukan hanya membantu menyehatkan kulit, membersihkan makeup, tertama riasan mata, sebelum tidur juga menghindarkan kita dari infeksi yang tak diinginkan.

Seorang wanita asal Sydney, Australia, merasakan dampak buruk dari abai membersihkan riasan wajah sebelum tidur. Kebiasaan buruk yang dilakukannya sejak 25 tahun lalu itu mengakibatkan infeksi pada kelopak mata Theresa Lynch.

Suatu hari Theresa mengalami nyeri pada kelopak matanya. Tak hanya itu, kelopak matanya pun membengkak dan berwarna kehitaman. Rupanya itu adalah sisa maskara yang menumpuk akibat dia malas membersihkan wajah.

"Sisa maskara itu menempel begitu dalam sehingga menggumpal di balik kelopak mata," jelas Theresa.

"Aku merasa sangat tak nyaman. Kedua kelopak mataku bengkak dan berat karena aku membiarkannya begitu lama," lanjutnya.

Theresa pun kemudian memeriksakan diri setelah obat tetes mata tak mampu lagi mengatasi nyeri pada matanya. Saat itulah dia paham bahwa sisa maskara menumpuk di kelopak matanya. Akibatnya Theresa harus menjalani operasi pengangkatan bejolan di mata itu selama 90 menit. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merusak kelopak dan permukaan kornea mata

"Gumpalan sisa maskara itu membuatnya tak bisa menggunakan mata dengan maksimal. Dia mengalami parut permanan di kelopak mata dan permukaan kornea," ujar Dr Dana Robaei yang menangani kasus Theresa Lynch, melansir laman New York Post, Selasa (5/6/2018).

"Ini adalah kasus yang luar biasa, aku belum pernah menemui yang seperti ini. Tapi ini adalah risiko yang tak banyak orang sadari," ucap Dr Robaei.

Tidur tanpa membersihkan wajah juga bisa menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat. Belajar dari pengalaman pahitnya, Theresa Lynch kini rajin membersihkan wajah sebelum tidur.

"Aku jatuh dalam kebiasaan buruk. Tak seharusnya aku membiarkannya sejauh itu," tandas Theresa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.