Sukses

Seluruh Puskesmas di Bandung Tetap Beroperasi Selama Mudik Lebaran 2018

Dinas Kesehatan Kota Bandung mengklaim sebanyak 75 puskesmas disiagakan selama masa mudik Lebaran 2018 dan libur pada Hari Lebaran.

Liputan6.com, Bandung Dinas Kesehatan Kota Bandung mengklaim sebanyak 75 puskesmas disiagakan selama masa mudik Lebaran 2018 dan libur pada Hari Lebaran. Jumlah total puskesmas yang bersiaga itu diantaranya dari delapan puskesmas pelayanan 24 jam seperti Puskesmas Kopo, Garuda, Ibrahim Adjie, Pagarsih, Puter, Padasuka dan Sukarasak.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bandung Siska Gerfianti sedangkan untuk puskemas di jalur perjalanan mudik Lebaran 2018 di antara jalan Soekarno Hatta - Cibiru dan Padasuka - Cibiru. Siska mengatakan jumlah puskesmas di dua jalan yang dipakai perlintasan mudik tersebut hampir serupa dengan puskesmas yang bersiaga 24 jam.

"Ada sekitar delapan puskesmas juga yang berjaga dari mulai Pusakesmas Padasuka, Cibiru, Pamulang, Sindang Jaya dan lain - lain. Jadi banyak sekali puskesmas yang berjaga," kata Siska Gerfianti, Bandung, Senin, 4 Juni 2018.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posko Kesehatan 24 Jam

Siska Gerfianti mengatakan selain menyiagakan seluruh puskesmas yang ada, guna mengantisipasi terjadinya peningkatan kecelakaan lalu lintas saat masa mudik Lebaran 2018, otoritasnya bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, PT KAI, KKP Bandara Husein, PMI dan Jasa Raharja. Siska menambahkan pelayanan kesehatan yang bersiaga 24 jam juga diberlakukan untuk posko kesehatan.

Posko kesehatan itu jelas Siska, didirikan di terminal Leuwi Panjang, Cicaheum dan Ledeng. Operasional posko kesehatan tersebut mulai H-7 dan berakhir pada H+7 Lebaran 2018.

"Jadi mulai tanggal 8 Juni sampai 21 Juni 2018 itu kami buka posko," ujar Siska.

Tak hanya jalur mudik serta daerah yang diutamakan pelayanan kesehatan, puskesmas didekat dengan pusat keramaian seperti taman kota ikut bersiaga. Alasannya, selama masa liburan Lebaran 2018 diperkirakan seluruh taman di Kota Bandung akan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.