Sukses

Orang yang Pakai Kacamata Itu Pintar, Fakta atau Mitos?

Orang yang memakai kacamata sekitar 30 persen lebih cerdas dibanding yang tidak.

Liputan6.com, Jakarta Orang yang memakai kacamata identik sebagai sosok pintar dan berwawasan luas. Faktanya, percaya atau tidak, studi membuktikan memang ada kemungkinan orang yang memakai kacamata lebih pintar dari orang-orang yang tak memakai kacamata.

Dalam riset yang dipublikasikan jurnal Nature Communications di Inggris yang membuktikan bahwa pengguna kacamata itu lebih cerdas. Menurut jurnal ini orang yang memakai kacamata sekitar 30 persen lebih cerdas dibanding yang tidak.

Fakta ini diketahui tim peneliti dari Scotland's University Edinburg yang melihat data 300 ribu orang. Peneliti kemudian berusaha mengungkap hubungan antara faktor genetik terhadap aspek kecerdasan dan penglihatan.

Hasil analisis mereka adalah faktor genetik memengaruhi kecerdasan secara umum serta aspek kesehatan yang lain seperti kemampuan penglihatan, tekanan darah dan usia. Hal tersebut disampaikan salah satu peneliti dari University of Edinburgh's Centre for Cognitive Ageing and Cognitive Epidemiology (CCACE), Gail Davies melansir Newsweek, Senin (4/6/2018).

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil penelitian lain

Pada penelitian sebelumnya, University Medical Center di Jerman mengungkap fakta tentang kepintaran orang berkacamata.

Hasilnya, rata-rata orang berkacamata menghabiskan lebih banyak waktu untuk sekolah dan memiliki pendidikan yang lebih tinggi.Paling tidak ada 53 persen responden yang berkacamata berhasil sukses kuliah. Sementara yang tidak lulus kuliah hanya 23 persen yang memakai kacamata seperti melansir Metro.

Selain itu, penggunaan kacamata juga membuat seseorang lebih mudah mendapat pekerjaan. Survei yang dilakukan British College of Optometrists menunjukkan satu dari tiga orang berpikir orang yang memakai kacamata itu terlihat profesional dan cerdas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.