Sukses

Hati-Hati, Jumlah Gaji Bisa Sebabkan Depresi

Jumlah penderita depresi secara global meningkat. Hal ini ternyata berhubungan dengan pendapatan atau jumlah gaji.

Liputan6.com, Jakarta Secara global, kasus depresi dan kecemasan meningkat di seluruh dunia. Hal yang sama juga terjadi di Indonesia. 

Selama ini, gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan seringnya dikaitkan dengan kondisi kimiawi otak. Namun, ada satu penelitian dengan sudut pandang berbeda.

Jumlah pendapatan atau gaji seseorang dikatakan berpengaruh terhadap kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, dan penyakit mental lainnya.

Naiknya pendapatan pengaruhi kualitas hidup?

Dilansir dari laman Vice, pada tahun 1970-an di Kanada, pemerintah memilih sebuah kota secara acak. Dipilihlah Dauphin, Manitoba, sebuah kota kecil di padang rumput, untuk eksperimen yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Sebagian besar warga diberitahu sesuatu yang mengejutkan: mereka diberi “hadiah” yang nilainya pada masa sekarang sekitar 16 ribu dolar Kanada (sekitar Rp172 juta). Warga tidak diminta apa pun sebagai timbal balik dan tidak ada syarat dan ketentuan yang dapat membuat hadiah tersebut ditarik kembali. Mereka hanya diberitahu bahwa mereka adalah warga negara dan negara ingin warganya memiliki kehidupan yang baik.

Dr. Evelyn Forget dari Universitas Manitoba secara detail mencatat hasil penelitian yang berlangsung selama tiga tahun tersebut. Banyak hal penting terjadi selama eksperimen berlangsung. Jumlah bayi lahir dengan berat badan rendah menurun karena sang ibu mendapatkan nutrisi yang lebih baik.

Keinginan orang untuk belajar menjadi meningkat. Selain itu, hampir tidak ada yang menyerah dalam bekerja, meski ada beberapa orang yang menolak pekerjaan yang dianggap tidak bermutu dan mencari pekerjaan yang lebih baik.

Singkatnya, standar kerja secara keseluruhan di kota tersebut meningkat. Hasil yang paling penting adalah rawat inap akibat gangguan mental menurun sebanyak 8,5 persen. Dibandingkan dengan dekade terakhir, di mana tingkat depresi global justru melonjak hingga 18 persen.

Hasil penelitian tersebut ditemukan cocok dengan pernyataan dari Badan Kesehatan Dunia yang kurang lebih berbunyi: “Kesehatan mental terjadi secara sosial. Ada atau tidaknya kesehatan mental berada di atas semua indikator sosial dan ini membutuhkan solusi skala sosial maupun individu.”

Realitanya, depresi dan kecemasan timbul karena berbagai faktor. Beberapa terjadi karena faktor biologis, tapi yang banyak terjadi adalah karena faktor sosial dan psikologis.

Kepada Vice, Dr. Evelyn mengatakan bahwa ia mewawancara banyak orang yang termasuk dalam program pendapatan yang terjamin tersebut. Ia melihat bahwa pendapatan bekerja seperti antidepresan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uang bisa bikin stres?

Menurut survei yang dilakukan oleh American Psychological Association, uang dikatakan sebagai penyebab utama munculnya stres. Sebanyak 72 persen dari 3000 partisipan menjawab bahwa mereka merasa stres karena memikirkan hal tersebut. Lebih detail lagi, 22 persen lainnya mengalami stres berat karena perkara finansial, dan 26 persen merasa stres karena uang, hampir setiap waktu.

Para partisipan juga mengungkapkan bahwa uang bisa bikin stres lantaran adanya pengeluaran tak terduga, pembayaran penting, serta tabungan pensiun. Saat seseorang merasa kesulitan memenuhi kebutuhan hariannya, tak heran jika adanya pengeluaran tak terduga dapat memicu stres, yang jika tidak diatasi dapat memicu depresi.

Jadi, jika kondisi keuangan dapat memicu depresi, menurunkan penyebabnya (yaitu dengan uang yang lebih banyak) dapat mengurangi tingkat depresi.

Masih di Kanada, ada lagi eksperimen hampir mirip yang dimulai tahun lalu. Sebanyak 4000 orang dari kota Hamilton, Lindsay, dan Thunder Bay diberikan pendapatan dasar yang terjamin. Tujuan utamanya adalah untuk mengurangi kesenjangan di provinsi tersebut. Apakah nanti akan ada hasil penelitian yang terkait dengan depresi, kita tunggu saja setelah tiga tahun program berakhir.

3 dari 3 halaman

Usaha sederhana mengurangi dan mengatasi depresi

Manusia pada dasarnya tidak akan pernah lepas dari masalah, yang bersumber dari pekerjaan, ekonomi, rumah tangga, pasangan, pertemanan, sosial, dan masih banyak lagi. Rangkaian penyebab tersebut dapat memicu stres. Jika tidak ditangani dengan baik dapat berujung pada depresi. Kondisi ini tentu dapat memengaruhi kualitas hidup.

Dikatakan oleh dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, depresi ditandai oleh perasaan sedih, murung, sering menangis, mengurung diri, tidak mau berinteraksi, dan cenderung malas beraktivitas. Jika kondisi ini makin parah, akan memicu timbulnya keinginan untuk bunuh diri. Supaya depresi tidak mengancam kesehatan dan keselamatan jiwa, berikut ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Bersikap terbuka

Pribadi introver diketahui lebih mudah depresi karena mereka cenderung menyimpan masalahnya sendiri. Oleh karena itu, cobalah untuk bersikap lebih terbuka terhadap orang-orang terdekat. Dengan menumpahkan apa yang dirasakan, beban pikiran bisa berkurang.

2. Menerapkan gaya hidup sehat

Tidur yang cukup, makan teratur, olahraga rutin, dan selalu berpikir positif dapat menjauhkan Anda dari depresi.

3. Lakukan kegiatan yang Anda gemari

Manfaatkan waktu senggang untuk melakukan hobi Anda seperti melukis, berkebun, meditasi, panjat tebing, atau sekadar berkumpul bersama orang-orang terdekat. Melakukan hal-hal di luar aktivitas rutin dapat membuat pikiran lebih fresh.

4. Jauhkan diri dari pemicu konflik

Jika Anda mudah stres, sebaiknya jauhkan diri dari hal-hal yang dapat memicu konflik pertengkaran seperti tidak mencampuri urusan pribadi orang lain, meninggalkan pertemanan toxic, tidak berutang, tidak diam-diam membicarakan hal buruk tentang orang lain, dan lain-lain.

5. Seks yang teratur

Memenuhi kebutuhan seksual secara teratur secara benar dengan pasangan bisa menjadi terapi terbaik untuk mengusir stres dan depresi.

Mencegah masalah yang bisa bikin stres memang tak mungkin. Jumlah pendapatan atau gaji yang tak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan, bisa menjadi pemicunya. Namun ingatlah bahwa Anda dapat melawan stres dan depresi yang menerpa. Masalah pun dapat lebih mudah diatasi dengan dukungan dari orang-orang sekitar. Bersyukurlah dengan apa yang Anda punya dan berusahalah untuk menjadikan diri Anda sebagai pribadi yang (lebih) bahagia.

Penulis: Ruri Nurulia. Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.