Sukses

Buka Puasa dengan Kurma, Berikut Sederet Manfaatnya

Buka puasa dengan kurma dianjurkan karena buah yang berasal dari Timur Tengah ini kaya akan gizi dan memiliki beragam manfaat sehat bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Sejak zaman Rasulullah SAW, buka puasa dengan kurma memang telah dianjurkan. Rupanya, buah hitam manis dari Timur Tengah ini memang memiliki segudang manfaat.

Menurut dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter,  buka puasa kurma dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Memulihkan energi

Sebanyak 100 gram kurma mengandung sekitar 277 kalori. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi buah ini di waktu berbuka puasa, tenaga akan pulih dalam seketika.

“Kurma sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Setelah selama sehari penuh Anda berpuasa, kurma akan segera mengembalikan tenaga Anda,” kata dr. Kartika.

2. Melancarkan buang air besar

Kurma kaya serat makanan, sehingga mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada buah ini juga terbukti efektif untuk melancarkan proses buang air besar.

3. Mencegah penyakit berbahaya

Kurma mengandung manfaat kesehatan berupa antioksidan polifenol flavonoid. Kandungan ini memiliki fungsi sebagai antiinfeksi, antiinflamasi, dan antihemoragik. Kesemua fungsi tersebut membuat kurma menjadi menu buka puasa yang mampu mencegah sebagian besar penyakit berbahaya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mendukung pertumbuhan tulang

Kurma memiliki kandungan mineral yang berlimpah, seperti kalsium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot.

“Sementara itu, mangan digunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan. Tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah. Magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang,” kata dr. Kartika.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Kurma sangat kaya akan potasium, yaitu komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Ini berarti, kurma dapat melindungi Anda dari stroke dan jantung koroner di kemudian hari.

6. Meningkatkan fungsi penglihatan

Berdasarkan penelitian, kurma adalah sumber penting vitamin A yang mengandung 149 IU per 100 gram. Jumlah tersebut sangatlah penting untuk fungsi penglihatan, meski Anda tak mendapat asupan selama 12 jam atau lebih saat berpuasa.

Dengan adanya beragam manfaat di atas, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kurma saat waktu buka puasa tiba. Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

 

Penulis: Bobby Agung Prasetyo. Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.