Sukses

Manfaat Lain dari Puasa, Bikin Awet Muda

Penampilan tubuh Anda dapat terlihat awet muda berkat puasa.

Liputan6.com, Jakarta Anda bisa tampil awet muda berkat puasa. Efek puasa dalam jangka panjang ternyata bisa membuat seseorang awet muda.

Ditemui usai acara "Kalbe Edukasi Kesehatan, Manfaat Lain di Balik Puasa" Dokter Kecantikan dan Antipenuaan, Liza Widjaja mengatakan, keberkaitan awet muda dan puasa termasuk fungsi puasa, dalam hal ini mencegah penuaan dini.

"Seiring bertambah usia, sel-sel tubuh punya batasan untuk membelah lagi. Dari penelitian, ada pengurangan kalori sebanyak 20-40 persen tubuh saat puasa. Adanya pengurangan kalori memengaruhi kemampuan sel untuk membelah diri," kata Liza di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, ditulis Kamis (31/5/2018).

Kemampuan sel membelah diri jadi bertambah panjang. Sel-sel yang berada dalam organ tubuh, seperti hati dan jantung perlu perbaikan (dirinya sendiri) kalau ada kerusakan.

Artinya, perbaikan organ tubuh yang makin baik juga didukung dengan kemampuan sel membelah diri.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gen antipenuaan meningkat

Liza menambahkan, pengurangan kalori yang memengaruhi kemampuan sel tubuh membelah diri bertambah panjang juga membuat gen antipenuaan meningkat.

"Ada pengaruhnya juga ke organ tubuh. Organ tubuh jadi istirahat selama puasa (memperbaiki diri sendiri). Aktivitas di dalam organ tubuh berkurang. Ini bisa dilihat dari mitokondria, yang ada di dalam sel. Mitokondria itu menghasilkan energi. Selama puasa, aktivitas dari mitokondria juga diam (istirahat)," tambah dokter yang sehari-hari bertugas di Klinik Estetiderma itu.

Pengaruh dari aktivitas organ tubuh dan sel yang istirahat meningkatkan gen antipenuaan. Anda pun terhindar dari penuaan dini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.