Sukses

Es Krim Susu Kecoak, Peluang Usaha yang Menyehatkan

Melihat peluang usaha dari belum maksimalnya pengolahan susu kecoak, beberapa perusahaan mencoba peruntungan mereka di situ.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu dunia sempat dihebohkan dengan hadirnya susu kecoak. Kabarnya, susu yang dihasilkan oleh serangga yang paling membuat bulu kuduk merinding itu memiliki kandungan protein tinggi, lemak, serta gula yang membuatnya masuk dalam daftar makanan super.

Melansir laman New York Post, susu kecoak menyediakan energi hingga tiga kali lebih banyak dibandingkan susu paling bernutrisi dengan jumlah sama. Namun, jika mengingat susu kaya nutrisi ini dihasilkan oleh kecoak, sepertinya hanya beberapa gelintir individu saja yang bernyali untuk mencobanya.

Melihat peluang usaha dari belum maksimalnya pengolahan susu kecoak, beberapa perusahaan mencoba peruntungan mereka di situ. Salah satunya Gourmet Grubb, perusahaan di Afrika Selatan, yang kini menjual es krim susu kecoak. Mengolah susu kecoak menjadi es krim dipercaya Gourmet Grubb jadi gaya hidup yang menunjang konsumsi susu serangga. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peternakan serangga penghasil susu

"Susu itu dihasilkan dari serangga-serangga yang diternak berkelanjutan," tulis perusahaan tersebut. "Tak diragukan lagi, ini secara signifikan lebih ramah lingkungan dibandingkan peternakan susu sapi tradisional. Salah satu manfaat paling penting dari susu serangga ini adalah kandungan protein serta mineral seperti iron, zinc, dan kalsium," jelas perusahaan tersebut.

Sebenarnya, kecoak penghasil susu kecoak nan kaya protein itu tidaklah sama dengan kecoak yang biasa ditemukan di dapur atau toilet. Spesies kecoak penghasil makanan super ini hanya ditemukan di Hawaii. Alih-alih bereproduksi dengan bertelur, spesies kecoak ini justru langsung melahirkan kecoak muda dan memproduksi susu serupa kristal untuk memberi makan embrio-embrionya.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.