Sukses

Ingin Berat Badan Turun? Jangan Hindari Makanan yang Disukai

Sebaiknya membatasi, bukan menghindari makanan yang disukai bila ingin menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang yang ingin menurunkan berat badan kerap ada larangan untuk makan ini dan itu. Namun, menurut ahli gizi tidak begitu. Sebaiknya kita membatasi bukan menghindari makanan yang disukai.

Ahli nutrisi asal New York City, Alyssa Cohen, mengatakan alasan nomor satu ketika ingin menurunkan berat badan adalah keseimbangan makanan.

"Ketika ingin makan sesuatu yang tak terlalu sehat, imbangi dengan makanan yang sehat," tuturnya mengutip laman Women's Health, Rabu (30/5/2018).

Misalnya, ketika makanan yang Anda sukai adalah piza. Tak perlu bilang 'Saya tidak akan makan piza'. Boleh saja makan satu atau dua slice pizza serta pesan salad sayur daripada pesan roti.

Jika ingin makan kue atau es krim, silakan saja konsumsi makanan tersebut. Namun, imbangi juga dengan potongan buah lain seperti apel atau stroberi, seperti disarankan Cohen. Makan seimbang seperti ini akan membantu 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghindari makanan enak malah kalap

Karena itu, bagi Cohen, kunci ketika ingin menurunkan berat badan adalah dengan tidak melarang diri mengonsumsi makanan tersebut.

"Membatasi diri tak makan sesuatu, malah akan membuat orang tersebut makan yang lain dengan jumlah banyak," kata Cohen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.