Sukses

Kegiatan untuk Anak Agar Jauh dari Obesitas

Mencegah obesitas pada anak termasuk mudah. Caranya, dengan membiasakan mereka aktif selama 60 menit setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Cegah anak mengalami obesitas dengan membiasakan mereka aktif bergerak selama 60 menit setiap hari.

Michael Lim, Kepala dan Ahli Latihan Fisik dari Program Kedokteran Olahraga KK Women's and Children's Hospital (KKH), mengatakan, anak-anak harus didorong untuk terlibat dalam berbagai kegiatan fisik agar jauh dari obesitas, termasuk yang tidak terstruktur dan terstruktur sepanjang hari.

"Tekankan pada aktivitas fisik yang lebih besar dengan bermain di luar ruangan guna terhindar dari obesitas," kata Michael Lim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan untuk Cegah Obesitas

Kegiatan tidak terstruktur, ujar Lim, bersifat singkat, tidak terencana, dan tidak diarahkan. Kegiatan semacam ini harus dimasukkan ke dalam gaya hidup sehari-hari seorang anak, dengan mengajak mereka membantu pekerjaan rumah tangga, membiasakan untuk jalan kaki, dan tidak malas naik tangga.

"Untuk anak-anak yang lebih kecil, kegiatan tidak terstruktur mencakup 'bermain bebas aktif', seperti bermain di taman, bermain bola, atau membiarkan mereka bermain bersama teman-temannya.

Tidak hanya mencegah mereka dari obesitas, kegiatan semacam ini berkontribusi pada perkembangan fisik dan sosial mereka secara menyeluruh.

 

3 dari 3 halaman

Kegiatan Lainnya

Sementara itu, kegiatan fisik yang terstruktur harus didukung oleh orang dewasa yang lebih profesional. Bermain kegiatan olahraga seperti basket, sepak bola, dan badminton adalah cara yang menyenangkan untuk melibatkan anak-anak agar lebih aktif secara fisik.

"Ketika ditopang dengan aktivitas intensitas sedang, kayak berenang atau bersepeda, akan memberikan manfaat kebugaran dan kesehatan jangka panjang," kata Michael Lim.

Lagipula, berpartisipasi dalam kegiatan ini bisa meningkatkan ikatan di dalam keluarga, juga mendorong dan memotivasi anak untuk mempertahankan gaya hidup aktif, menjauhi obesitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.