Sukses

12 Kebiasaan Kecil yang Bisa Ungkap Kepribadian Anda (2)

Walaupun jarang diperhatikan, beberapa kebiasaan ini bisa mengungkap mengenai kepribadian Anda.

Liputan6.com, Jakarta Selain melalui tes kepribadian yang populer, ada cara mudah untuk melihat tentang sifat-sifat seseorang hanya dari kebiasaan yang kerap mereka lakukan.

Dalam artikel sebelumnya, kita telah mengetahui tentang 6 dari 12 kebiasaan sederhana apa saja yang bisa digunakan untuk melihat kepribadian seseorang.

Melansir Reader's Digest pada Senin (28/5/2018), berikut ini 6 kebiasaan lain yang bisa digunakan untuk melihat tentang kepribadian Anda.

7. Ketepatan waktu

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality menunjukkan bahwa ketepatan waktu merupakan penilaian dari karakter positif.

Para peneliti menemukan, mereka yang mempunyai kebiasaan tepat waktu merupakan orang yang lebih hati-hati, menyenangkan, tetapi lebih mudah terkena stres.

Sementara, mereka yang kerap terlambat memiliki kepribadian yang lebih santai.

8. Kebiasaan makan

Selain apa yang dimakan, bagaimana cara makan juga bisa melihat tentang kepribadian seseorang.

Psikolog yang mengkhususkan diri dalam perilaku makanan, Julia Hormes dan ahli perilaku makan, Juliet Boghossian di Los Angeles mengatakan pada Huffington Post bahwa perilaku yang berhubungan dengan mengonsumsi sesuatu memberita tahu banyak hal tentang kepribadian.

Pemakan yang lambat biasanya suka mengendalikan dan tahu bagaimana menghargai hidup. Di sisi lain, mereka yang cepat ketika makan cenderung ambisius dan tidak sabar.

Orang yang suka mencari makanan baru adalah pencari sensasi dan mengambil risiko. Sementara mereka yang pilih-pilih menunjukkan pertanda kecemasan.

Tidak hanya itu, Anda yang kerap memisahkan makanan di piring yang berbeda, cenderung berhati-hati dan berorientasi pada detail dalam kehidupan sehari-hari.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belanja dan swafoto

9. Kebiasaan belanja

Cara mengenal seseorang dengan lebih baik bisa dilihat dari bagaimana mereka berbelanja.

Journal of Consumer Research menemukan ada dua jenis konsumen. Mereka yang butuh penjelasan dan yang tidak.

Orang yang butuh penjelasan akan secara cermat memeriksa produk yang akan mereka beli di seluruh lorong sebelum memutuskan. Mereka adalah orang yang detail dan lebih menganalisis informasi.

Sementara, mereka yang langsung memutuskan sesuatu dalam berbelanja tidak cocok dengan detail dan lebih menyukai informasi yang sifatnya umum.

10. Gaya swafoto

Sebuah studi di tahun 2015 di Nanyang Technological University di Singapura terhadap 123 swafoto populer di Tiongkok menemukan, orang yang menyenangkan cenderung mengambil swafoto dari bawah. Mereka adalah tipe yang teliti dan sedikit mengungkap ruang pribadi.

Orang yang menampilkan eskpresi positif seperti tersenyum atau tertawa lebih terbuka pada pengalaman baru.

Sementara wajah bebek mengungkapkan kepribadian yang lebih neurosis.

 

3 dari 3 halaman

Tulisan tangan dan tas

11. Tulisan tangan

Grafologi merupakan suatu hal yang umum untuk menganalisis kepribadian. Ilmu tersebut bahkan sudah ada semenjak masa Aristoteles.

Ahli grafologi, Kathi McKnight, mengatakan bahwa pakar tulisan tangan bisa mendeteksi lebih dari 5 ribu ciri kepribadian hanya berdasarkan coretan.

Orang yang menulis dengan besar-besar berorientasi pada orang lain dan kerap mencari perhatian. Sementara, mereka yang menulis kecil merupakan orang introvert yang mampu berkonsentrasi penuh.

Tulisan sedikit miring bisa diartikan sebagai keramahan dan impulsif. Miring kiri bisa diartikan sebagai proteksi dan individualistis. Sementara tulisan tidak miring bisa diartikan sebagai kepribadian logis dan pragmatis.

Adapun tulisan tangan dengan tekanan berat menunjukkan emosi yang kuat dan kecepatan reaksi. Sementara tekanan kecil menunjukkan kemampuan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

12. Cara membawa tas tangan

Menurut ahli bahasa tubuh, Patti Wood, mengenakan tas tangan di lekukan lengan menunjukkan sikap pemeliharaan tinggi dan menekankan status sosial Anda.

Sementara, tali yang dikenakan di tubuh menunjukkan perlindungan dan aksesibilitas.

Menjijing tas di belakang menunjukkan kepribadian yang keren, kalem, dan sering menjadikan satu barang-barang.

Orang dengan ransel merupakan pribadi yang mandiri dan mampu menjaga diri mereka sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.