Sukses

Tempuh Pendidikan di AS, Iqbaal Ramadhan Tak Ingin Kena Star Syndrome

Berada di puncak ketenaran saat itu, pemeran Minke dalam Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan tak ingin kena star syndrome dan memilih tempuh pendidikan di luar negeri

Liputan6.com, Jakarta Bertahan hidup di Amerika Serikat bukanlah hal mudah bagi Iqbaal Ramadhan, aktor muda yang akan bermain dalam film Bumi Manusia. Bintang yang namanya melambung berkat Coboy Junior ini mengaku menemukan tantangan ketika menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam tersebut.

Namun, hal itulah yang sesungguhnya membuat dirinya keluar dari zona nyaman, bahkan menghindarkan diri dari star syndrome.

Terbiasa hidup di lingkungan yang mengenali dirinya sebagai seorang selebritis, hal itu tidak dia temukan ketika berada di Amerika Serikat. Bahkan, pada saat itulah dia menyadari jika di sana dia bukanlah seorang figur publik.

"Tantangan terbesar pada saat itu adalah beradaptasi dengan orang-orang yang saat itu tidak tahu siapa Iqbaal Ramadhan," ujar Iqbaal ketika menceritakan pengalamannya di acara Discover Yourself, Discover Your Future di kawasan Sudirman, Jakarta pada Sabtu (26/5/2018).

"Jadi ketika saya di sini, ketika saya dikenal oleh orang-orang segala macam, walaupun saya masih bersekolah, saya kadang merasa lupa kalau saya dikenal. Ketika saya pindah ke sana dan orang-orang tidak kenal, akhirnya saya merasa, oh iya ya, (saya) bukan siapa-siapa ya," cerita pemeran Dilan tersebut.

Aktor berusia 18 tahun itu mengatakan, hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi dirinya terutama untuk menunjukkan diri sebagai bagian dari Indonesia.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Star Syndrome

Demi menjaga hubungan baik dengan para penggemarnya, Iqbaal pun menggunakan media sosial untuk tetap bisa terhubung dengan mereka.

Lewat media sosial, Iqbaal mencoba memotivasi dan memberikan inspirasi bagi para penggemarnya di Indonesia lewat apa yang dia lakukan selama menempuh pendidikan di sana.

"Walaupun tidak terlalu banyak di Instagram. Tapi seperti gue post di Instagram sedang welcoming ceremony, gue bawa bendera Indonesia, gue pengen share rasa bangga itu pada follower gue," kata Iqbaal.

Dirinya berharap hal-hal kecil yang dia lakukan mampu membuat banyak remaja lain untuk bisa bersekolah di luar negeri seperti dirinya.

Iqbaal mengatakan, dirinya memutuskan untuk sekolah ke luar negeri agar bisa keluar dari zona nyamannya.

"Karir lagi oke banget, sekolah juga nilai oke, terus mau ngapain lagi. Justru di situ titik saya merasa kalau saya lanjut sekolah disini, sebentar lagi star syndrome nih, sebentar lagi sombong nih. Wah ini gak boleh sekolah di sini nih, harus keluar ke tempat di mana orang gak tahu siapa gue," ungkap aktor yang pernah mengalami kecelakaan motor pada 2015 tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.