Sukses

Kapan Orangtua Harus Curiga Anaknya Kena Disleksia?

Disleksia atau gangguan yang membuat anak sulit membaca, menulis, dan mengeja bisa dikenali ciri-cirinya saat mereka masuk usia sekolah.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu gangguan pada anak yang harus orangtua kenali guna mendapatkan perawatan yang tepat adalah disleksia.

Disleksia menyebabkan anak sulit membaca, menulis, dan mengeja. Penyebabnya tidak diketahui pasti tapi gejalanya bisa orangtua kenali.

Gangguan pada anak yang satu ini bila tidak segera ditangani menyebabkan prestasi si Kecil menurun, sampai terganggunya interaksi sosial.

Umumnya orangtua bisa menaruh curiga anak mengalami disleksia apabila saat usia prasekolah mengalami gejala-gejala berikut:

  • Terlambat dalam berbicara dibandingkan anak-anak seusianya
  • Kesulitan menggunakan dan menyusun kata-kata yang tepat dan benar
  • Kesulitan untuk mengucapkan kata baru

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Saat Anak Masuk Sekolah

Sedangkan saat anak sudah mulai masuk sekolah, anak terlihat beberapa gejala seperti berikut:

  • Kesulitan dan sering salah saat membaca
  • Kesulitan dalam memahami kata yang didengarnya
  • Mengalami kelambanan dalam menulis dan tulisan terlihat tidak rapi
  • Kesulitan mengeja huruf
  • Kesulitan memahami apa yang didengar

 

3 dari 4 halaman

Pengobatan Anak yang Mengalami Disleksia

Untuk pengobatannya sendiri, disleksia membutuhkah pendekatan khusus bukan dengan obat-obatan. Tahap pertama adalah menentukan diagnosis dengan benar.

Kemudian dilakukan berbagai pemeriksaan psikologis dan fisik. Selanjutnya disusul dengan evaluasi lengkap mengenai kelemahan dan kelebihan anak, yang melibatkan bantuan guru-guru di sekolah.

Setelah itu, dilakukan pertemuan antara orang tua, guru, dan profesional untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya dalam memperbaiki cara belajar anak. Orangtua juga akan diberikan petunjuk bagaimana membantu anak di rumah.

 

4 dari 4 halaman

Gangguan Bicara Anak Tidak Bisa Dicegah Saat di Kandungan

Ingat, disleksia tidak dapat dicegah sejak dalam kandungan, tapi faktor risiko yang memicu terjadinya disleksia pada masa kehamilan dapat membantu mencegah disleksia pada anak.

Oleh karena itu jangan abaikan kesehatan selama masa kehamilan dengan rutin kontrol ke dokter kandungan dan menerapkan pola hidup sehat demi kesehatan ibu dan janin.

Penulis : dr. Dyah Novita Anggraini / Klik Dokter

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.