Sukses

7 Makanan Sumber Energi yang Bantu Atasi Kelelahan

Makanan tertentu memang terbukti bisa menyuntikkan energi dan membantu mengatasi kelelahan.

Liputan6.com, Jakarta Merasa tak bersemangat dan kinerja di kantor melambat disertai kantuk yang tak berkesudahan? Itu tandanya kamu mengalami kelelahan.

Selain beristirahat dengan cukup, mengubah pola makan juga bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan. Makanan tertentu memang terbukti bisa menyuntikkan energi. Apa saja ya?

1. Lemon

Segelas air lemon di pagi hari cocok untuk menambah energi kamu. Sari dari satu buah lemon menghasilkan 40 persen dari kebutuhan vitamin C harian seseorang. Selain itu, jus lemon rendah kalori.

2. Biji chia

"Biji chia memberi kami energi yang stabil karena memiliki rasio protein, lemak, dan serat yang baik. Kandungan karbohidrat dalam biji chia juga rendah," ujar Dr Carolyn Brown, ahli gizi dari Foodtrainers di New York, melansir laman Medical Daily, Jumat (25/5/2018).

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber serat terbaik. Kacang-kacangan mampu menyediakan energi tahan lama tanpa menaikkan kadar gula darah karena menstabilkan kualitas seratnya.

Bagi para vegetarian yang tak mengonsumsi daging, kacang-kacangan bisa jadi sumber protein terbaik. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bayam

4. Bayam

Iron membantu sel darah merah membawa oksigen ke bagian tubuh lainnya. Umumnya kelelahan kerap terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Sayuran hijau diakui sebagai salah satu makanan pemicu asupan besi. Bayam juga mengandung magnesium, mineral penting yang bisa memberi energi pada tubuh.

5. Telur

Studi pada 2009 menemukan, telur sangat baik bagi mereka yang berlatih keras dan membutuhkan energi ekstra. Telur menyedikakan asam amino penting yang bisa meningkatkan kinerja otot dalam menggunakan glukosa.

Telur juga sumber besi, protein, antioksidan, serta beberapa vitamin yang baik. Sebuah studi bahkan menemukan, telur aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes tanpa meningkatkan risiko kardiovaskular.

6. Oatmeal

Sarapan seimbang dengan kandungan protein dan karbohidrat yang cukup akan membuat tubuhmu berenergi sepanjang hari.

"Oatmeal adalah salah satu dari sekian makanan yang kaya akan kandungan serat larut. Serat tersebut akan bertahan berjam-jam di perut. Ini artinya kamu juga memiliki energi yang cukup sepanjang waktu," ujar Andy Bellati, ahli gizi dari Las Vegas.

7. Cokelat

Studi menunjukkan, cokelat hitam adalah antioksidan yang baik. Jenis cokelat ini juga bisa meningkatkan mood dan membuat lebih terjaga. Laman Reader's Digest merekomendasikan satu kotak kecil cokelat hitam sebagai kudapan untuk memicu energi karena kandungan kalorinya tetap dalam batas aman. Sebaiknya pilih cokelat hitam dengan kandungan cacao minimum 70 persen untuk mendapat manfaatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.