Sukses

Sedang Ngetren, Apa Efek Samping Suntik Vitamin C?

Sebelum Anda memulai untuk suntik vitamin C, ada baiknya mengetahui dampak setelah suntik vitamin C dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Suntik vitamin C yang sedang booming  di kalangan wanita Indonesia memiliki efek samping yang harus Anda ketahui. Prosedur ini tentu saja akan menambah asupan vitamin C dalam tubuh, yang menyebabkan munculnya kondisi-kondisi medis yang menjadi kontraindikasi pemberian vitamin C

Pelaksanaan prosedur oleh tenaga yang tidak kompeten tentunya sering membuat hal-hal seperti kontraindikasi medis menjadi luput dari pehatian. Kontraindikasi untuk injeksi vitamin C tersebut misalnya seperti anemia tertentu, kehamilan, dan ibu menyusui.

Pada ibu hamil misalnya, vitamin C dalam bentuk asam askorbat yang biasa digunakan dalam prosedur ini dapat menyebabkan gangguan konsentrasi darah di tali pusar. Kondisi ini tentunya akan memengaruhi kesehatan ibu dan janin.

Pemberian vitamin C dosis tinggi melalui injeksi juga dapat memicu terbentuknya batu ginjal, sehingga menyebabkan kerusakan ginjal dan saluran kencing. Meskipun vitamin C tergolong non-toxic atau tidak beracun, efek samping overdosis vitamin C juga dapat timbul seperti sakit kepala, mual muntah, dan kram perut. Pemberian vitamin C lebih dari 1 gram per hari juga dapat menyebabkan diare.

Suntik vitamin C tetap harus dilakukan oleh tenaga medis profesional di layanan yang memadai dan atas dasar indikasi medis yang sesuai. Sehingga manfaat dan efek sampingnya dapat diperhitungkan dan dipertanggungjawabkan.

Oleh karenanya, berhati-hatilah menanggapi maraknya tawaran layanan suntik vitamin C atau vitamin lainnya yang ada di pasaran. Jika Anda ingin melakukannya, pastikan datang ke layanan kesehatan untuk mendapatkan prosedur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Penulis : dr. Astrid Wulan Kusumoastuti / Klik Dokter 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.