Sukses

3 Tips Sehat Jalani Puasa bagi Penderita Hipertensi

Puasa menjadi tantangan tersendiri bagi penderita hipertensi atau pemilik tekanan darah tinggi. Nah, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi tetap bisa menjalankan puasa dengan nyaman tanpa keluhan. Caranya tentu saja dengan menjalankan gaya hidup sehat selama bulan puasa. 

Berikut ini adalah tips yang perlu diperhatikan agar puasa berjalan lancar bagi Anda dengan hipertensi.

1. Perbanyak minum air putih

Ketika puasa, dehidrasi sering menjadi kendala tersendiri. Maka pastikan asupan air putih cukup baik. Manfaatkan momen sahur dan buka puasa untuk minum air putih secukupnya. Seperti menerapkan pola 2-4-2. Pola apakah itu?

Jadi dalam sehari kamu tetap bisa mencukupi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air putih per hari. Kita bisa minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam (setelah tarawih), dan 2 gelas air putih saat sahur. Nah, dengan demikian kebutuhan air pun terpenuhi dengan baik.

2. Kurangi makanan tinggi garam

Makanan yang terlalu banyak garam merupakan pemicu tekanan darah tinggi. Nah, pastikan konsumsi makanan ini dikurangi. Ada baiknya kamu membuat makanan khusus yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber makanan yang paling penting dan harus tersedia pada menu makan sahur atau berbuka. Buah dan sayur memiliki senyawa yang dapat mengurangi efek natrium pada darah. Tentu saja ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil selama berpuasa.

Selain tiga hal di atas, jika kamu menderita tekanan darah tinggi, pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Perhatikan pola makan dan rutin mengecek tekanan darah. Semoga informasi ini bermanfaat dan puasa kamu lancar.

 

 

 

Penulis: Ayu Puji Lestari

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.