11 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Harus Pergi ke Dokter Gigi

pada 24 Mei 2018, 10:45 WIB
[Bintang] Ilustrasi Sakit Gigi

Jakarta Karang gigi menjadi salah satu faktor yang membuat gigi terlihat tidak sedap dipandang dan mengundang beragam penyakit.

Karang gigi atau yang sering disebut kalkulus gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi juga bisa terbentuk dari bawah gusi dan bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Karang gigi memberi plak area luas untuk berkembang dan menyebabkan permukaan jadi lebih lengket. Hal ini akan menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi seperti radang gusi.

Tidak hanya mengancam kesehatan, karang gigi akan membuat Anda tidak percaya diri atau pede. Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang terlihat kuning. Akan menjadi masalah serius jika saat berbicara dengan orang lain Anda harus menutup mulut Anda atau membuat orang lain merasa tidak nyaman karena bau mulut Anda.

Apakah Anda pernah mengalami karang gigi atau sedang mengalaminya? Merasa risih dengan situasi ini? Kenali dulu penyebabnya karang gigi.

Penyebab karang gigi

Umumnya sih, penyebab umumnya muncul karang gigi adalah karena sisa-sisa dari makanan yang tertinggal lama dan tidak segera dibersihkan. Lama-kelamaan sisa makanan yang tidak segera dibersihkan ini akan menumpuk dan menyebabkan karang gigi. Air liur yang mengandung mineral malahan akan membantu sisa makanan tadi mengeras dan karang gigi yang terbentuk pun menjadi keras atau sedimentasi.

2 of 5

Karang gigi pun juga menyebabkan banyak penyakit gigi lainnya yang bahkan berbahaya. Berikut efek dari karang gigi.

[Bintang] Ilustrasi Sikat Gigi
Ilustrasi menggosok gigi (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Bau mulut

Sisa makanan yang terakumulasi dalam jangka panjang akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Gigi berlubang

Karang gigi yang tidak segera ditangani akan membuat gigi keropos. Hal ini disebabkan karang gigi mengeluarkan zat asam yang merusuk gigi. Padahal email gigi merupakan bagian terkeras dari gigi yang berada di lapisan paling luar gigi. Setelah gigi makin keropos, gigi kemudian akan mudah untuk berlubang.

Radang gusi

Mulut yang kotor dapat menyebabkan gusi mudah terinfeksi sehingga gusi akan muda terinfeksi dan kemudian berdarah. Parahnya adalah kemudian saat terdapat benjolan nanah pada gusi.

Periodontitis

Ketika radang gusi semakin parah, jaringan lunak dan tulang penyangga gigi akan rusak. Dalam fase ini, gigi bahkan bisa tanggal. Tidak sampai di situ saja, ketika bakteri yang ada pada gusi masuk ke aliran darah akan menyebabkan hal yang lebih serius lagi.

Ternyata menakutkan juga akibat yang ditimbulkan oleh karang gigi. Padahal masalahnya remeh saja, jarang membersihkan gigi dan tidak membersihkan gigi secara benar.

Memang cara praktis untuk menghilangkan karang gigi agar tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah adalah dengan ke dokter. Namun selain itu, ada pula cara ampuh memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi tanpa ke dokter. Namun, ternyata ada cara menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang tanpa efek samping dan tentu saja murah.

3 of 5

Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Berikut adalah caranya seperti yang dirangkum Liputan6.com (24/5).

1. Rajin menggosok gigi

Anda pasti sudah tahu bahwa memang dianjurkan untuk menyikat gigi 2 kali sehari. Namun tidak hanya 2 kali sehari saja, Anda juga dianjurkan pula untuk menyikat gigi selama 2 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa semua gigi Anda telah tersikat dengan rata.

2. Menggunakan pasta gigi dengan fluoride

Agar gigi Anda bersih dari sisa makanan secara sempurna, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride mampu mencegah plak berkembang. Tidak hanya fluoride, Anda bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif.

3. Flossing

Flossing adalah membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Tidak sembarang benang tentu saja. Namun benang khusus gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dengan lebih mudah.

4. Menggunakan mouthwash

Cara membersihkan gigi selanjutnya agar lebih efektif adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

5. Tidak makan sembarangan

Hal lainnya yang dapat dilakukan agar tidak memperparah karang gigi atau untuk mencegah karang gigi. Bakteri yang di mulut tentu berasal dari makanan yang masuk ke dalam mulut kita. Terutama ketika kita mengonsumsi makanan manis dan bertepung, kita justru memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

6. Hindari atau kurang merokok

Anda pasti sudah paham bahaya merokok. Selain dapat memicu penyakit mematikan, zat-zat berbahaya yang ada dalam rokok dapat menimbulkan karang gigi yang jauh lebih sulit dibersihkan jika dibandingkan dengan karang gigi yang dihasilkan oleh sisa-sisa makanan.

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan teknik alami. Nah, berikut adalah cara menghilangkan karang gigi menggunakan bahan alami.

4 of 5

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan bahan-bahan alami

Ilustrasi jeruk (iStock)
Ilustrasi jeruk (iStock)

Ada beberapa bahan-bahan sekitar Anda yang bisa Anda gunakan sebagai pembersih karang gigi yang alami. Berikut cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan bahan-bahan alami :

7. Baking soda

Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan baking soda adalah dengan membuatnya sebagai pasta gigi. Baking soda dapat menghilangkan dan memutihkan gigi Anda dengan cepat. Menggunakan baking soda juga bisa menjadi salah saru cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras.

Anda cukup mengambil 1 sdm baking soda lalu tambahkan sejumput garam dan aduk hingga rata. Kemudian Anda tinggal mencelupkan sikat gigi yang sebelumnya dibasahi pada campuran ini. Sikat gigi seperti biasa selama 2 menit lalu kumur. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

 

 

5 of 5

8. Menggunakan kulit jeruk

Cara sederhana menghilangkan karang gigi secara tradisional, alami, dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Jeruk merupakan buah dengan banyak vitamin dan nutrisi.

Sebelum Anda menggunakan kulit jeruk, bersihkan dulu kulit jeruknya. Lalu gosokkan langsung pada gigi. Gosok sampai rata. Jangan langsung berkumur, biarkan semalaman. Esok harinya baru berkumur. Lakukan setiap hari menjelang Anda tidur untuk hasil yang maksimal.

9. Mengonsumsi buah dan sayuran

Semua orang sudah mengetahui bahwa buah dan sayur memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, demikian pula untuk mulut. Dengan mengunyah buah dan sayur secara rutin, Anda dapat menghilangkan karang gigi, apalagi apel, melon, wortel, dan seledri. Selain untuk menghilangkan karang gigi, bau mulut yang tidak sedap pun dapat berkurang.

10. Mengunyah daun sirih

Apakah Anda pernah mendapati nenek atau kakek atau bahkan orang tua Anda mengunyah-ngunyah sesuatu? Yang mereka kunyah adalah daun sirih. Daun sirih dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Cukup ambil selembar daun sirih, bisa Anda tambahkan 1 batang cengkeh juga, haluskan tapi tidak terlalu halus lalu kunyah.

11. Mengonsumsi buah kaya vitamin C

Vitamin C baik untuk kesehatan mulut Anda, oleh karena itu Anda bisa menggunakan buah-buahan yang kaya vitamin C sebagai pasta gigi. Anda cukup menghancurkan buahnya sampai halus (jeruk, stroberi, lemon) lalu celupkan pasta gigi dan sikat gigi seperti biasa selama 2 menit.

Karang gigi yang menumpuk jangan dibiarkan! Coba cara di atas untuk menghilangkannya secara alami.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by