Sukses

Upaya Turunkan Berat Badan, Ini Waktu Terbaik Olahraga Setelah Melahirkan

Ibu-ibu yang ingin olahraga agar berat bada turun, lakukan aktivitas fisik enam minggu setelah melahirkan.

Liputan6.com, Jakarta Para ibu yang baru melahirkan tidak jarang merasa kurang percaya diri lantaran berat badan yang melonjak naik. Karena itu, mulailah melakukan olahraga rutin di rumah agar lemak yang menumpuk segera terbakar.

Menurut Dokter Nadia Octavia dari situs Klik Dokter, apabila ibu menyertainya dengan menerapkan pola makan yang benar, berat badan bisa dengan cepat kembali seperti sebelum menikah.

"Akan tetapi pastikan Anda memilih olahraga yang tepat, dan melakukan dengan benar," ujar Nadia dikutip Health Liputan6.com pada Rabu, 23 Mei 2018.

Ada lima jenis olahraga yang bisa ibu lakukan untuk mengurangi berat badan berlebih, agar kepercayaan diri cepat kembali. Anda bisa melakukan senam kegel, jalan kaki, sit up, push up, dan angkat beban.

Untuk angkat beban sendiri, bedasarkan saran dari persatuan dokter kebidanan dan kandungan Amerika, ACOG, bisa memakai dumbbell dengan berat dua sampai tiga kilogram.

"Lakukan delapan sampai 10 kali gerakan angkat beban dan ulangi sampai tiga set," kata Nadia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kapan Memulainya?

Untuk memulainya, Nadia menyarankan, enam minggu setelah melahirkan. "Untuk setiap sesi olahraga, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan dan pendinginan," ujar Nadia menambahkan.

Agar tidak dehidrasi, minumlah air putih secukupnya untuk terhindar dari dehidrasi. Dan, jangan lupa, gunakan bra khusus untuk olahraga guna menopang payudara dengan optimal.

"Jangan lupa, selipkan breast pad untuk mencegah ASI bocor dari payudara dan membasahi pakaian," katanya.

Nadia, mengingatkan, agar melakukannya tidak tergesa-gesa. Ingat, ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh setelah melahirkan.

"Berhentilah bila mengalami nyeri atau pendarahan. Jika Anda belum fit atau kelelahan, jangan paksakan diri," kata Nadia menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini