Sukses

Terungkap, Dampak Makan Satu Telur Setiap Hari bagi Jantung

Berbeda dari anggapan yang selama ini ada bahwa telur bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, sumber protein ini justru baik bagi kesehatan jantung.

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dari anggapan yang selama ini ada bahwa telur bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, sumber protein ini justru baik bagi kesehatan jantung.

Sebuah studi terbaru di Tiongkok menunjukkan, mengonsumsi satu telur setiap hari bisa menurunkan risiko serangan jantung. Ya, para peneliti di Peking University Health Science Center menemukan, konsumsi satu butir telur per hari bisa menurunkan risiko stroke hingga 26 persen dan penyakit kardiovaskular hingga 18 persen.

"Studi terbaru menunjukkan kaitan antara konsumsi telur secukupnya (1 butir per hari) dan penurunan kejadian kardiak yang lebih rendah," tulis pemimpin studi Professor Liming Li dan Canqing Yu. Temuan mereka itu dimuat dalam jurnal Heart.

Penelitian ini melibatkan 416 ribu orang dengan rentang usia antara 30 dan 79 tahun. Peneliti mempelajari seberapa sering mereka mengonsumsi telur. Kemudian kesehatan para responden tersebut didokumentasikan selama sembilan tahun.

Melansir laman New York Post, Rabu (23/5/2018), 13 persen partisipan yang mengonsumsi 1 telur per hari memiliki risiko hemorrhagic stroke 1/4 kali lebih kecil. Jenis stroke tersebut terjadi bila ada pendarahan di otak.

Mereka juga memiliki risiko kematian 28 persen lebih rendah akibat stroke hemorrhagic, serta 18 persen risiko lebih kecil meninggal dunia akibat penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.