Sukses

4 Manfaat Luar Biasa Berdoa bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Selain mendekatkan diri kepada Allah, berdoa memiliki segudang manfaat buat kesehatan jiwa raga. Berdoa juga menjadi aktivitas yang bisa membuat kita jadi pribadi yang senantiasa berpikir positif serta lebih tenang dan bebas dari berbagai masalah kesehatan fisik dan psikis.

Para ahli mengungkapkan sedikitnya ada empat manfaat sehat dari aktivitas berdoa seperti mengutip laman thehealthsite.com. Apa saja manfaat tersebut? Simak yang berikut ini.

Mencegah dan mengatasi stres

Sebuah studi yang dilakukan para ahli kejiwaan pada 2014 menyebutkan bahwa berdoa bermanfaat mencegah dan mengatasi stres. Kekuatan doa bahkan bisa membuat seseorang terhindar dari risiko depresi serta masalah psikis lainnya. Kekuatan doa bisa membuat seseorang jadi makin tenang, tak mudah putus asa, dan berpikir positif.

Berdoa bikin bahagia

Selain mencegah dan mengatasi stres, berdoa juga bermanfaat bikin perasaan lebih bahagia. Para ilmuwan yang mempublikasikan temuannya di JAMA Networks Journal mengemukakan  orang yang gemar menghadiri ibadah keagamaan dan memiliki bekal agama yang kuat atau religius lebih bahagia dibanding orang-orang lainnya.

Tak hanya dirinya yang bahagia, keluarganya juga bahagia, sejahtera dan lebih sabar.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Panjang Umur

Sebuah studi yang dilakukan para ilmuwan di Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa orang-orang yang religius dan gemar berdoa sesuai kepercayaan masing-masing umumnya memiliki umur yang panjang.

Mereka yang beribadah dengan tulus, sungguh-sungguh dan mengharap ridha Tuhan, umumnya akan hidup lebih sehat, tenang dan bahagia.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Orang-orang yang rajin berdoa meyakini bisa memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Pikiran yang senantiasa positif, hati yang tenang dan bahagia adalah salah satu alasan kenapa orang-orang yang rajin berdoa memiliki sistem kekebalan tubuh kuat.

Orang-orang yang gemar berdoa, sabar serta ikhlas juga bisa terhindar dari risiko jantung dan tekanan darah tinggi.

Itulah manfaat berdoa bagi kesehatan jiwa raga. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua selalu menjadi pribadi yang gemar berdoa, memasrahkan segalanya pada-Nya, sabar dan bahagia serta lapang dada.

 

 

 

Penulis: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.