Sukses

Kenali Pemicu Bayi Meninggal Mendadak seperti Cucu Aa Gym

Banyak hal yang bisa memicu bayi di bawah umur satu tahun, seperti cucu Aa Gym, meninggal secara mendadak tanpa penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Cucu Aa Gym yang masih berumur dua bulan, Gheziya Naura Khadija, meninggal dunia secara mendadak pada Minggu, 20 Mei 2018, sekitar pukul 16:12 WIB. 

Bayi perempuan menggemaskan itu merupakan anak kedua putri Aa Gym, Ghaitsa Zahira Shofa dan sang suami, Ustaz Maulana Yusuf. 

Jenazah bayi Gheziya Naura Khadija sendiri sudah dimakamkan. Aa Gym sendiri yang mengangkat tubuh kaku sang cucu ke peristirahatan terakhir. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Kematian Mendadak Cucu Aa Gym

Kematian bayi di bawah umur satu tahun secara mendadak dalam dunia medis dikenal sebagai SIDS atau sudden infant death syndrome.

Dikutip dari Mayo Clinic, SIDS pada bayi merupakan kematian yang tak dapat dijelaskan yang biasanya terjadi saat tidur.

Bayi yang tampak sehat tanpa ada keluhan, tiba-tiba meninggal dunia. Meski penyebabnya sulit diketahui secara detail tapi ada beberapa yang hal yang bisa meningkatkan risiko terjadinya SIDS.

Beberapa penelitian mengungkap kalau SIDS memiliki keterkaitan dengan cacat pada bagian otak bayi yang mengontrol pernapasan dan proses tidur. Faktor risiko lainnya adalah berat badan bayi saat lahir dalam level yang sangat rendah, infeksi pernapasan, serta faktor lingkungan.

Untuk faktor lingkungan ini berkaitan erat dengan kebiasaan tidur bayi. Misalnya bayi yang tertidur dalam posisi mirip atau tengkurap sangat berisiko mengalami SIDS. Termasuk juga tidur dalam matras yang terlalu empuk sehingga permukaannya menutup hidung bayi dan ia kesulitan bernapas.

Suhu yang terlalu panas juga bisa memicu SIDS. Untuk itu pastikan bayi tidur dalam suhu yang pas, tidak terlalu dingin atau panas. Pakaikan juga pakaian yang lembut dan hindari memberi pakaian yang berlapis-lapis.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini