Sukses

Ada Jamur di Lidah dan Mulut Bayi, Harus Lakukan Apa?

Pernahkah ibu menemukan lapisan putih pada mulut bayi? Jika pernah, apa yang dilakukan? Simak cerita Mommy Desi Wijaya dari Babyologist tentang jamur pada rongga mulut bayi.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah ibu menemukan lapisan putih pada mulut bayi? Jika pernah, apa yang dilakukan? Simak cerita Mommy Desi Wijaya dari Babyologist tentang jamur pada rongga mulut bayi.

Oral thrush adalah suatu kondisi di mana jamur candida albicans terakumulasi pada lapisan mulut, hal ini sering juga dikenal dengan sebutan candidiasis. Oral thrush menyebabkan lesi berwarna putih krem, biasanya di lidah atau pipi bagian dalam. Ketika dikeruk, lesi dapat menimbulkan rasa sakit dan berdarah. 

Gambar di atas adalah gambar anak saya yang sedang mengalami oral thrush atau dikenal dengan istilah jamur mulut.

Jamur lidah yang berwarna putih seringkali kita anggap sebagai sisa susu. Seperti saya yang mengira kalau lapisan putih di lidah Zoey adalah sisa susu. Tapi kenyataannya hal tersebut bukanlah sisa susu, melainkan jamur. 

Waktu itu aku pikir Zoey susah makan mungkin karena teksur atau mungkin bosan atau mungkin disebabkan oleh berbagai hal lain, namun saya tidak kepikiran sama sekali kalau mulutnya sedang sakit. Saya mencoba mengubah tekstur makanannya, tapi tetap saja tiap kali dia melihat sendok, langsung teriak-teriak.

Saat waktunya mandi, saya mencoba bersihkan lidahnya (bersihkan lidah ketika awal MPASI, waktu itu 2 hari sekali). Mulutnya ditutup, saat dibersihkan paksa pakai kain kasa ke lidahnya, ia nangis histeris dan di waktu saya buka mulutnya, ternyata lidahnya penuh dengan putih-putih dan ada selaput kulit berwarna putih.

Panik, langsung saya bingung mau ngapain dan segera chat DSA. Kemudian saya diberikan resep Candistin. bayi saya membutuhkan 2 botol agar dapat sembuh total. Tiap kali ditetesin di mulut ia tetap saja nangis, kesakitan ternyata.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Dihilangkan dengan Obat

Jamur pada mulut bayi hanya bisa dihilangkan dengan obat. Berbeda dengan bekas susu yang dapat diseka dengan kain/kasa agar hilang. Jika lapisan putih pada lidah bisa sampai mempengaruhi makan baby, mood, dan sebagainya, maka lebih baik dikonsultasikan ke dokter.

Jadi, menurut DSA penyebab jamur lidah berasal dari dot, hanya saja belum diketahui sepenuhnya karena hampir semua baby menggunakan dot. Yang jelas peralatan makan atau botol susu baby harus bersih dan full steril, serta jangan lupa juga untuk rutin membersihkan mulut baby dengan kasa steril.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.