Sukses

3 Permainan Unik Bantu Ajarkan Anak Cara Berenang

Bagi para orangtua, ada permainan unik yang mudah untuk mengajarkan anak cara berenang.

Liputan6.com, Jakarta Anak bisa diajarkan cara berenang dengan mudah. Mengajarkan anak berenang dapat membuat anak-anak mencintai semua hal yang berhubungan dengan air, seperti pantai dan laut beserta makhluk hidup di dalamnya.

Melansir laman Today's Parent, Senin (21/5/2018), ada permainan unik yang sederhana dan menyenangkan untuk membantu anak berenang.

Permainan ini dapat mengajarkan anak-anak berenang dari 18 bulan. Trik yang bagus untuk memperkenalkan keterampilan berenang secara bertahap.

Bicaralah dengan ikan-ikan

Berlatihlah berbicara atau berpura-pura bicara dengan ikan. Minta anak meniup gelembung di air. Kemudian minta meletakkan telinganya di dalam air untuk pura-pura mendengarkan gelembung.

Cara ini mengontrol napas, yang merupakan langkah pertama mengajarkan anak berenang secara mandiri. Menelan air secara tidak sengaja bisa menjadi hal menakutkan.

Pastikan saat berlatih berenang, Anda menenggelamkan wajah dan meniup gelembung untuk meningkatkan kenyaman di dalam air. Saat Anda menenggelamkan wajah dan meniup gelembung, wajah Anda tersenyum. Si kecil Anda akan lebih cenderung mencobanya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menangkap ikan

Duduklah di samping anak, di pinggir kolam. Jika kolam itu cukup dangkal, minta si kecil untuk mencoba menangkap ikan dengan tangannya.

Minta ia melakukan pukulan lengan depan seperti merangkak dengan mengangkat tangan, lalu menangkap ikan. Ini akan membuatnya terbiasa dengan lengan untuk mulai berenang sendiri.

Trik di atas demi mengembangkan gerakan lengan yang cepat dan kuat. Pastikan anak melakukan aktivitas ini dengan menggunakan kekuatan jari-jarinya sehingga ikan tidak lepas di antara jari-jarinya.

3 dari 3 halaman

Lampu merah, lampu hijau

Pegang tubuh atau kaki anak. Anak juga bisa menghadap dinding kolam dan memegang sisi kolam. Mainkan permainan Lampu Merah dan Lampu Hijau.

Ketika Anda mengatakan lampu hijau, minta ia menggerakkan kaki dengan menendang-nendang sekencang-kencangnya. Lampu merah berarti berhenti dan lampu kuning berarti menggerakakan kaki pelan-pelan.

Cara tersebut melatih menggerakkan kaki. Untuk tantangan tambahan, bantu dia menyeimbangkan papan untuk berenang dan membuatnya berlatih menggerakkan kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.