Sukses

Seperti Ini Gorengan yang Sehat untuk Buka Puasa

Gorengan tidak terlalu disarankan, tapi makanan ini sulit sekali sekali dipisahkan dari menu buka puasa. Namun, ada beberapa cara yang bisa diusahakan agar gorengan yang dikonsumsi lebih sehat.

Liputan6.com, Jakarta Gorengan, rasa-rasanya makanan satu ini tidak bisa ditinggalkan dari menu buka puasa masyarakat Indonesia. Entah itu bakwan, tempe, tahu isi, bakal disantap usai meneguk segelas air putih hangat dan teh manis.

Sayangnya, makanan yang digoreng seperti gorengan mengandung kadar lemak yang lebih tinggi dan tentunya dapat menimbulkan banyak penyakit. Sebut saja obesitas atau kegemukan, kanker, penyakit jantung ataupun penyakit kencing manis.

Namun, bisa dikatakan gorengan sudah menjadi bagian dari hidup kita sehingga sangat sulit dipisahkan. Maka dari itu, kami akan membagikan tips agar gorengan Anda sehat untuk dikonsumsi.

1. Buatlah gorengan Anda sendiri di rumah

Dengan membuat gorengan Anda sendiri di rumah, tentunya lebih dapat menjamin kebersihannya. Selain itu, Anda dapat memilih jenis minyak goreng yang lebih sehat dibandingkan minyak yang digunakan penjual-penjual gorengan di luar sana.

2. Jangan terlalu lama menggoreng

Kita dapat mengatur suhu minyak agar tidak terlalu panas. Menurut penelitian, semakin panas temperatur yang Anda gunakan akan membentuk suatu senyawa yang dinamakan akrilamida, yang berkaitan dengan meningkatnya faktor risiko penyakit jantung dan kanker. Ketika warna gorengan telah menjadi cokelat keemasan, segeralah angkat.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pakai minyak baru

Sebaiknya tidak menggunakan ulang minyak goreng yang telah digunakan, apalagi yang sudah berubah warna menjadi kecoklatan bahkan sampai hitam pekat. Anda dapat mengganti minyak goreng setelah tiga kali pakai atau saat sudah berubah warna.

4. Keringkan gorengan dengan menggunakan tisu makanan

Jangan lupa menempelkan sisa-sisa minyak ke kertas tisu makanan terlebih dahulu sebelum Anda konsumsi. Agar sisa-sisa minyak terserap dan mengurangi jumlah minyak yang Anda konsumsi.

Walaupun Anda telah mengolahnya dengan lebih sehat, tapi jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, tetap berdampak buruk bagi kesehatan. Sehingga penting untuk mengombinasikan goreng-gorengan dengan makanan sehat lainnya saat berbuka puasa. Misalnya, buah-buahan segar.

 

 

Penulis: dr. Theresia Rina Yunita

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.