Sukses

Bayi Sering Tersedak Saat Menyusu, Kapan Harus Khawatir?

Tak semua bayi yang baru lahir bisa langsung menyusu dengan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Tak semua bayi yang baru lahir bisa langsung menyusu dengan lancar. Terkadang bayi tersedak ketika menyusu. Hal itu tak urung menimbulkan kecemasan tersendiri bagi ibu, seperti yang dialami Mommy Valent Cindy yang berbagi cerita melalui Babyologist. Berikut pengalamannya ketika sang buah hati selalu tersedak saat menyusu.

Saat Gavin baru berusia sekitar 2 minggu, saya bawa Gavin kembali menemui DSA. Alasannya? Karena saya khawatir dengan kondisi Gavin yang saat itu selalu tersedak saat dia minum susu, baik saat menyusu langsung (nenen) dengan saya maupun saat disusui dengan botol.

Ketika saya browsing untuk mencari penyebabnya, saya bukannya menemukan jawaban tetapi malah saya semakin parno. Ada artikel yang bilang hati-hati lah, nanti cairan masuk ke paru-paru lah, nanti jadi susah napas lah, bla bla bla. Saya semakin ketakutan.

Setelah diperiksa kondisinya oleh DSA, ternyata kondisi Gavin sangat sehat, paru-parunya bersih, tidak kekurangan suatu apapun. Kemudian dokter menjelaskan bahwa hal tersebut wajar terjadi pada bayi seusia Gavin, meskipun tidak terjadi pada kebanyakan bayi.

Tersedaknya tersebut disebabkan koordinasi antara refleks mengisap dan menelannya belum baik, sehingga menyebabkan jadi sering tersedak saat minum susu. Seiring pertambahan usia bayi, mestinya kejadian tersedak tersebut akan berkurang dan menghilang. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan ini saat bayi tersedak

Yang perlu diperhatikan pada saat bayi tersedak:

- Apakah setelah tersedak bayi kelihatan susah bernapas

- Apakah wajahnya kemudian membiru atau biasa-biasa saja

Jika kedua hal tersebut terjadi, maka bayi harus segera dilarikan ke RS. Namun jika tidak, maka saya tidak perlu khawatir.

Setiap bulan saat vaksin dan kontrol DSA saya selalu menyampaikan bahwa Gavin masih saja tersedak saat nyusu, Dokter cek dan kondisi Gavin selalu baik. Dan memang benar, seiring pertambahan usia Gavin, kondisi tersedak-nya semakin berkurang.

Sampai hari ini pun kadang-kadang Gavin masih tersedak atau batuk-batuk saat nyusu loh, tapi sudah sangat jarang sekali dibanding dulu. Yang paling penting, kondisi Gavin baik dan sehat.

Semoga bermanfaat juga buat Mommies yang mengalaminya yah, tetap semangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.