Penumpang Pingsan, Beruntung Ada Dokter di Pesawat

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 17 Mei 2018, 15:30 WIB
Diperbarui 17 Mei 2018, 15:30 WIB
Dokter Bedah
Perbesar
Dokter bedah AS, Jeremy Adams (yang memakai seragam putih) membantu penumpang yang pingsan di pesawat. (Twitter US Surgeon General)

Liputan6.com, Amerika Serikat Dalam penerbangan Fort Lauderdale, Florida ke Atlanta pada Rabu, 16 Mei 2018, dokter bedah Amerika Serikat, Jerome Adams dikejutkan dengan suara panggilan, 'Apakah di antara penumpang sekalian ada dokter umum? Atau dokter bedah?"

Ia pun langsung merespons panggilan dari awak pesawat. Rupanya ada seorang penumpang pesawat yang pingsan.

Penumpang pingsan saat pesawat baru lepas landas dan masih berada di area Fort Lauderdale, Florida, dilansir ABC News, Kamis (17/5/2018).

Adams, yang juga seorang ahli anestesi memeriksa kondisi penumpang pesawat yang pingsan. Ada pula dua perawat lain, yang ikut membantunya, ungkap Department of Health and Human Services AS, Kate Migliaccio-Grabill.

 

Simak video menarik berikut ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Direkomendasikan ke rumah sakit

Dokter
Perbesar
Dokter bedah AS, Jeremy Adams mengunggah pengalaman membantu penumpang di pesawat di akun Twitter US Surgeon General. (Twitter US Surgeon General)

Upaya memulihkan kesadaran penumpang yang pingsan berhasil. Penumpang akhirnya sadar. Adams menyarankan, sebaiknya pesawat balik arah--kembali ke lokasi penerbangan awal, Fort Lauderdale, Florida.

Ia merekomendasikan, penumpang yang bersangkutan harus pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

"Ya, dia (penumpang) baik-baik saja, tapi perlu pergi ke rumah sakit," ujar Adams.

Setelah menolong penumpang tersebut, Adams mengungkapkan, ia senang dan bahagia dapat membantu dalam kondisi darurat medis di pesawat.

"Senang bisa membantu," ungkapnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Hadiri diskusi publik

Dokter
Perbesar
Dokter bedah AS, Jeremy Adams (kiri) sedang melakukan penerbangan ke Mississippi untuk menghadiri diskusi publik. (Twitter US Surgeon General)

Pesawat yang ditumpangi Adams adalah Delta Air Lines. Adams berada dalam penerbangan dari Fort Lauderdale ke Atlanta untuk mengejar penerbangan lanjutan ke ibu kota Mississippi.

Di Mississippi, ia akan bersiap menghadiri acara diskusi publik tentang penyalahgunaan opioid di hari Kamis, 17 Mei 2018.

Adams pun mengunggah, pengalaman saat membantu penumpang yang pingsan di pesawat di akun Twitter US Surgeon General, dilansir WCBI.

Gubernur Mississippi, Phil Bryant, men-tweet kicauan dokter bedah tersebut, "Kerja bagus, Dr. Adams!"

Penumpang yang bersangkutan juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Adams.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya