Sukses

Tidak Sulit Sebenarnya Tahan Haus Saat Puasa, Ini Tipsnya

Mengonsumsi asupan air putih dalam jumlah yang tepat membuat Anda tak terlalu haus saat menjalankan ibadah puasa.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Tiffany (22) menahan rasa lapar di bulan puasa itu lebih mudah dibanding haus. Tak cuma Tiffany, banyak orang juga merasakan hal yang sama. Namun, dengan mengatur asupan cairan saat sahur bisa membuat Anda tak mudah haus saat menjalankan ibadah puasa.

"Kuncinya itu saat sahur. Minum air putih itu jauh lebih prioritas dibanding makan saat sahur. Kan, banyak orang terbalik, lebih banyak makan daripada minum. Itu cara sahur yang kurang baik secara gizi," kata ahli gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah saat ditemui di Jakarta ditulis Kamis (17/5/2018).

Salah satu trik untuk memenuhi asupan cairan saat sahur adalah dengan minum segelas air usai bangun tidur.

"Lalu, kalau bisa minum satu-dua gelas lagi sebelum menutup sahur. Jadi total dua-tiga gelas air putih," saran Hardinsyah agar tak mudah haus saat menjalankan puasa.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari minum kopi dan minuman manis saat sahur

Hardinsyah juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi dan minuman manis saat sahur. Jika minum kopi, jangan lupa minum air putih sesudahnya.

"Orang Indonesia itu senang kopi yang manis ya, manis itu bikin haus dan sebagian orang ada yang sensitif jadi gampang buang air kecil usai minum kopi," katanya.

Jika memang suka minum kopi, pria yang juga Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) ini menyarankan sebaiknya dikonsumsi saat berbuka saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.