Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Trik Cerdik Pilih Mainan Seks yang Dijamin Aman Digunakan

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 17 Mei 2018, 23:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2018, 23:00 WIB
Hubungan seks (iStock)
Perbesar
Ada cara memilih mainan seks yang aman digunakan. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menggunakan mainan seks, Anda mungkin cemas, apakah produk yang dipakai itu aman digunakan pada area sensitif. Ada juga pertanyaan seputar, jenis partikel yang dapat ditransfer dari dildo, vibrator, dan mainan seks lainnya.

Terkait produksi mainan seks, ternyata hampir tidak ada penelitian secara khusus tentang efek silikon, plastik, dan bahan lain, yang melapisi mainan seks terhadap tubuh.

Walaupun mainan seks sudah mengikuti peraturan cara pembuatan, bagaimana pun tetap tidak akan bisa menjamin keamanan jangka panjang.

"Kami selalu belajar lebih banyak, bagaimana produk yang akan digunakan konsumen tidak membahayakan kesehatan," kata Alexandra Fine, co-founder dari perusahaan mainan seks Dame Products, dikutip dari Refinery29, Kamis (17/5/2018).

Fine memberikan tips singkat mendeteksi, apakah mainan seks yang Anda beli itu aman digunakan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Merek mainan seks terkemuka

Hubungan seks (iStock)
Perbesar
Merek mainan seks perlu dipertimbangkan. (iStockphoto)

Anda perlu mengetahui merek-merek mainan seks terkemuka, seperti Dame Products, Lelo, We-Vibe, dan Unbound. Mereka cenderung menggunakan bahan yang aman dan berkualitas tinggi.

Perusahaan mainan seks yang lebih murah dan 'baru' mungkin masih membuat mainan seks menggunakan karet jelly, yang berbahan dasar phthalates. Environmental Protection Agency Amerika Serikat telah menandai phthalates kemungkinan karsinogen--zat yang menyebabkan penyakit kanker--pada manusia.

Karet jelly dan polivinil klorida (PVC) juga membuat bakteri mudah masuk ke dalam mainan seks. Hal ini membuat bakteri hampir tidak mungkin dibersihkan pada mainan seks.

Untuk itu, cari mainan seks yang bebas phthalates dan terbuat dari silikon atau bahan non-plastik lainnya. Sebagian besar merek ternama akan menggunakan silikon berkualitas dan memberi label pada kemasan "Aman untuk Tubuh (Body Safe)."


Produk silikon kelas medis

Hubungan seks dan tips seks (iStock)
Perbesar
Pilih produk silikon kelas medis untuk mainan seks. (iStockphoto)

Anda juga bisa memilih mainan seks dengan produk silikon kelas medis. Beberapa perusahaan, seperti Dame Products sudah menggunakan silikon kelas medis. Meskipun harganya lebih mahal, silikon kelas medis--silikon yang digunakan dalam implan payudara--diatur penggunaannya oleh FDA's Center for Devices and Radiological Health.

Silikon kelas medis yang masuk ke dalam tubuh tidak berdampak negatif terhadap kesehatan.

"Silikon kelas medis adalah satu-satunya yang telah diuji pada tubuh manusia. Tidak memengaruhi kesehatan," Fine menambahkan.

Jika Anda khawatir soal keamanan mainan seks, silikon kelas medis bisa jadi pilihan terbaik, kata profesor Indiana University School of Public Health dan penulis buku Sex Made Easy, Debby Herbenick.

Bahan silikon kelas medis tidak akan bocor dan tercampur dengan bahan kimia lain atau bakteri. Tentunya, selama Anda mencuci mainan seks dengan benar.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya