Sukses

Keajaiban Ramadan, Puasa Bisa Bantu Atasi Sakit Mag

Mengetahui dan memahami berbagai manfaat puasa akan membantu kita semakin semangat menjalani ibadah puasa Ramadan 2018.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui dan memahami berbagai manfaat puasa akan membantu kita semakin semangat menjalani ibadan puasa Ramadan 2018. Salah satu manfaat puasa yang bisa dirasakan adalah mengatasi penyakit mag (lambung).

Seperti dikutip dari buku The Miracle of Fast, sejumlah dokter telah menegaskan bahwa puasa punya kemampuan efektif untuk mengobati ragam penyakit dan meringankan perasaan nyeri. Misalnya saja, penyakit radang usus besar dan radang kandungan empedu. Manfaat tersebut bisa didapat karena puasa dapat membuat seluruh orang tubuh beristirahat setelah mengerahkan energi berlebihan setiap hari.

Selama ibadah puasa yang kita lakukan sesuai dengan pola hidup sehat dengan tetap memenuhi syarat sah puasa, tubuh bisa mendapat banyak manfaat sehatnya. Lalu bagaimana kaitan antara aktivitas puasa yang bisa bantu mengatasi penyakit mag?

1. Puasa dapat menstabilkan usus besar karena ketenangan batin yang dialami oleh orang yang berpuasa

Dengan puasa, hilanglah gejala-gejala penyakit usus besar, seperti sakit perut, masuk angin, kembung, gangguan pada usus, diare, dan sembelit. Selama puasa kita lakukan dengan niat kuat untuk ibadah, tubuh bisa menyesuaikan dirinya untuk bertahan menstabilkan diri dengan baik. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat puasa untuk kesehatan lambung

2. Puasa bisa bekerja menyeimbangkan persentase asam di dalam lambung

Saat puasa, tubuh akan berusaha menyeimbangkan persentase asam di lambung. Kita tahu sendiri kan kalau asam ini dianggap sebagai penyebab utama munculnya penyakit mag. Dengan puasa, tubuh bisa mengatur distribusi asam yang mengganggu sistem pencernaan di lambung.

Puasa memang bisa jadi obat untuk berbagai penyakit. Manfaatnya untuk kesehatan bisa begitu positif. Namun, juga perlu diingat kalau kamu juga perlu memahami dengan baik kondisi tubuh dan kesehatanmu ya. Pada kasus-kasus tertentu, seseorang bisa saja tidak dimungkinkan dapat berpuasa karena gangguan atau masalah kesehatan yang kronis.

Yuk, semangat puasanya di bulan Ramadan 2018. Puasa sebulan penuh kali ini harus bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Reporter: Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.