Sukses

Charcoal dan Sulfur, 2 Bahan yang Bikin Kulit Mulus Berseri

Sebenarnya apa sih charcoal dan sulfur?

Liputan6.com, Jakarta Charcoal dan sulfur adalah dua bahan yang kerap kita temukan dalam produk perawatan kecantikan kulit, terutama untuk produk kulit berjerawat. Sebenarnya apa sih charcoal dan sulfur? 

Charcoal alias arang dan sulfur alias belerang sama-sama merupakan bahan alami yang dikenal dengan khasiatnya untuk mengatasi jerawat. Seampuh apa ya kedua bahan ini untuk mengatasi jerawat yang membandel? Yuk, kenalan lebih dekat!

Charcoal, Kandungan Berwarna Hitam Pekat yang Efektif Atasi Jerawat

Pertama-tama, mari kita kenali dulu apa itu charcoal. Sesuai terjemahannya, charcoal adalah arang atau karbon yang berasal dari kayu atau batok kelapa yang dipanaskan untuk meningkatkan kemampuan penyerapannya.

Nah, umumnya, jenis charcoal yang digunakan dalam skin care adalah activated charcoal yang telah ditambahkan oksigen, sehingga kemampuan penyerapannya lebih tinggi. Karena memiliki kemampuan menyerap yang tinggi, activated charcoal dapat menarik elemen lain ke dalamnya.

Activated charcoal mampu menarik dan "mengikat" racun, kotoran, minyak, dan bakteri pada tubuh maupun kulit. Karena itu, charcoal juga kerap disebut efektif untuk mendetoksifikasi kulit dan sering digunakan sebagai bahan utama untuk masker wajah.

Karena activated charcoal membantu membersihkan kulit dan pori-pori yang tersumbat, kandungan ini pun dapat turut membantu merawat kulit yang berjerawat. Apalagi, activated charcoal juga memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Psst! Karena kemampuan penyerapannya, activated charcoal juga kerap dijadikan obat untuk "menguras" racun dari perut saat diare, lho!

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Melawan Jerawat dengan Sulfur

Jika menyebut nama sulfur alias belerang, hal pertama yang mungkin terpikirkan oleh kamu adalah baunya yang sangat khas. Sulfur merupakan mineral alami yang kaya akan amino dan kerap ditemukan di daerah mata air panas dan gunung berapi.

Jika kamu berkunjung ke daerah mata air panas, kamu sering mendengar pemandian air panas belerang yang dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit, kan? Sebagai obat jerawat topikal, sulfur bekerja serupa dengan benzoyl peroxide dan salicylic acid, tapi sulfur cenderung lebih lembut di kulit, sehingga cocok digunakan oleh pemilik kulit yang sensitif.

Sulfur bersifat keratolytic, di mana saat diaplikasikan secara topikal pada kulit, sulfur dapat mengeringkan dan mengelupas lapisan terluar kulit. Hal ini dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat, sehingga membantu mengurangi terjadinya jerawat.

Karena sifatnya yang mengeringkan, sulfur juga membantu menyerap minyak berlebih pada wajah. Selain itu, sulfur juga memiliki sifat antimicrobial, anti-bakteri, serta anti-inflamasi, sehingga dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat sekaligus meredakan inflamasi yang terjadi pada kulit berjerawat.

Oh, iya, karena sulfur dapat mengeringkan kulit, berhati-hati dengan efek samping kulit kering, mengelupas, memerah, dan terasa gatal saaat menggunakan produk dengan kandungan sulfur, ya!

Reporter: Devina Ellora

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.