Sukses

Alasan Orangtua Libatkan Anak dalam Jaringan Terorisme

Dari kasus terorisme, seperti halnya bom Surabaya dan Sidoarjo, ada alasan orangtua melibatkan anak dalam aksi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Kasus kejahatan terorisme seperti halnya tragedi bom Surabaya dan Sidoarjo menjadi perhatian Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Tragedi tersebut dilakukan satu keluarga, yang juga melibatkan anak-anak.

Padahal, Pasal 76C Undang-Undang Perlindungan Anak menyebut, larangan bagi siapa pun untuk menyuruh anak melakukan tindak kekerasan.

Saat ditemui dalam konferensi pers kejahatan terorisme, Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati mengungkapkan, alasan orangtua melibatkan anak-anak dalam aksi terorisme.

"Mereka (orangtua) menganggap, anak sebagai aset. Jadi, anak boleh diperlakukan apa saja. Bahkan diikutsertakan dalam aksi terorisme," ungkap Rita di Kantor KPAI, Jakarta, ditulis Rabu (16/5/2018).

Pada sistem pengadilan pidana anak juga tidak menyebut, anak bebas diperlakukan apa saja oleh orangtuanya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak bukan aset

Bagi orangtua, ada satu hal yang perlu dipahami. Anak bukanlah semata-mata aset, yang bebas diperlakukan.

"Anak itu bukan aset. Sangat penting bagi orangtua agar tidak memanfaatkan anak (tindakan negatif)," Rita menambahkan.

Orangtua sebaiknya memanusiakan anak dengan baik. Beri pengasuhan yang baik dan penuhi hak-hak anak. Mulai hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan sampai akses kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.