Sukses

6 Trik Psikologis untuk Bantu Atasi Kecemasan

Jangan remehkan kecemasan. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa trik psikologis berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Kecemasan merupakan gangguan yang tidak boleh diremehkan. Hal ini berpotensi menyebabkan rasa tidak aman, paranoid, serta yang paling buruk adalah bunuh diri.

Walaupun begitu ada beberapa trik psikologis yang bisa dilakukan untuk melatih pikiran agar mampu melalui kecemasan.

Mengutip Indiatimes, Kamis (17/5/2018), beberapa trik psikologis ini membantu Anda menghadapi situasi dengan cara yang lebih baik.

1. Teknik 4-4-4

Tarik napas, tahan, dan hembuskan selama 4 hitungan dalam tiap gerakannya. Ini adalah teknik 4-4-4. Latihan ini bisa membantu Anda meredakan serangan kecemasan.

2. Melihat gambar bahagia

Lihatlah foto atau video yang membuat Anda bahagia. Lakukan selama 10 detik tiga kali sehari. Ini akan membantu untuk fokus pada hal-hal yang baik.

3. Menutup mata

Tutuplah mata ketika sedang merasakan stres. Ini membantu memblokir gambaran negatif dan mengembalikan pemikiran lebih fokus. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Mewarnai

Buku mewarnai dewasa dengan desain-desain tertentu membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Ini juga mengembalikan fokus.

5. Menuliskan masalah

Tuliskan masalah Anda ketika sedang merasa cemas. Dengan melakukan ini bisa terlihat situasi yang sedang terjadi dan membantu menemukan solusi.

6. Mengatur jadwal

Buatlah daftar apa saja yang harus dilakukan. Ini bisa mengurangi kecemasan dengan mengatur jadwal, serta lebih siap dalam menjalani hari.

 

3 dari 3 halaman

7. Menahan stres saat kerja

Tahanlah stres hanya selama bekerja. Jika sulit untuk fokus, lepaskan itu untuk menenangkan diri Anda.

8. Memegang es batu

Psikoterapis Edie Stark mengatakan, dengan memegang es batu, akan membuat sistem tubuh terfokus pada dingin dan mengalihkan apapun yang membuat Anda merasa panik.

9. Meditasi

Meditasi penting untuk menghadapi kecemasan. Olahraga seperti yoga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi saraf tubuh dan menenangkan ketika diserang oleh rasa panik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.