Sukses

Wahai Wanita, Ini Cara Murah Perlambat Datangnya Keriput

Jika ingin sehat sekaligus memperlambat kehadiran keriput dan garis-garis halus, perbanyak makan buah dan sayur.

Liputan6.com, Jakarta Pikir-pikir ulang jika Anda, wanita, tetap tak suka buah dan sayur. Jika ingin sehat sekaligus memperlambat kehadiran keriput dan garis-garis halus, perbanyaklah makan buah dan sayur.

Terbukti, wanita yang banyak makan buah dan sayur segar memiliki lebih sedikit kerutan ketika melewati usia 50 dibandingkan yang malas makan sayur.

Sementara itu bagi wanita yang berlebihan makan roti, daging merah, dan makanan manis memiliki lebih banyak keriput di wajahnya. Begitu juga dengan wanita yang sering minum alkohol, kehadiran keriput lebih terlihat jelas.

Fakta menarik ini terungkap dalam studi yang dilakukan peneliti dari Erasmus Medical Centre di Belanda. Mereka melakukan studi terhadap 2.700 pria dan wanita seperti mengutip laman Daily Mail, Sabtu (12/5/2018).

Masing-masing partisipan menjalani scan 3D untuk bisa mengetahui jumlah keriput di wajah. Hasilnya, wanita yang mengonsumsi buah, sayur dan ikan paling sedikit jumlah keriput di wajah.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak berlaku bagi pria

Fakta menarik dalam studi yang diterbitkan dalam Journal of the American Academy of Dermatology ini menyatakan konsumsi buah dan sayur tidak memiliki efek pada pria.

"Tidak ada perbedaan antara pria yang mengonsumsi makanan sehat dan tidak," kata peneliti dokter Selma Mekic.

Bisa jadi, wanita memang lebih rentan terhadap kerutan karena kepadatan kolagen di kulit lebih rendah dibanding pria. Buah dan sayur memang memiliki senyawa yang mampu melindungi kulit dari penuaan daan merangsang pertumbuhan kolagen. Kulit pun tetap kencang dan elastis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.