Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Vagina Kering Terjadi Bukan karena Daun Sirih

Ada anggapan bahwa daun sirih yang selama ini dikenal baik untuk kesehatan vagina justru bisa sebabkan vagina kering.

Liputan6.com, Jakarta Khasiat daun sirih guna menjaga kesehatan vagina sudah banyak yang tahu. Namun, ada yang beranggapan bahwa tanaman satu ini justru bisa menyebabkan vagina kering. Benarkah?

Dokter Resthie Rachmanta Putri M Epid dari situs Klik Dokter, menekankan bahwa anggapan itu tidak benar alias hanya mitos saja.

Menurutnya, vagina kering adalah suatu kondisi yang terjadi akibat menurunnya kadar hormon estrogen di dalam tubuh wanita. Tidak ada sangkut pautnya dengan daun sirih.

Justru, seperti hasil penelitian di dalam Journal of Medical Plant Studies, daun sirih dapat berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur, yang berguna mengobat infeksi.

"Bahkan, para peneliti menduga, zat antiseptik yang ada di daun sirih bisa membantu mencegah dan mengatasi keputihan yang tidak normal," kata dia dikutip Health Liputan6.com pada Jumat, 11 Mei 2018.

Sementara terjadinya vagina kering karena kadar hormon estrogen yang menurun. Bisa karena menopause, melahirkan atau menyusui, dan penggunaan kontrasepsi hormonal tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Lain Vagina Kering

Tak hanya itu, dokter Resthie juga menjelaskan, penyebab lain dari vagina kering:

  1. Vagina terpapar detergen
  2. Pernah menjalani operasi pengangkatan indung telur atau ovarium
  3. Penderita alergi
  4. Memiliki penyakit diabetes mellitus
  5. Sedang dalam program pengobatan kanker seperti radioterapi atau kemoterapi

"Sementara penggunaan daun sirih tidak memengaruhi kadar hormon estrogen sama sekali," ujarnya.

Lebih lanjut, bukti ilmiah juga telah menunjukkan, daun sirih tak terbukti menyebabkan vagina kering. Justru sebaliknya, berperan sebagai antiseptik alami yang bertugas menghambat pertumbuhan bakteri penyebab keputihan tidak normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini