Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Sering Kebelet Masturbasi? Cek Tanda-Tanda Berlebihan Melakukannya

Jika Anda kerap merasa ingin masturbasi dan terus kepikiran tentang itu, mungkin itu pertanda rutinitas tersebut telah dilakukan secara berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Walaupun tidak ada panduan yang pasti berapa kali untuk melakukan masturbasi, namun ada satu titik ketika kita bertanya-tanya. Apakah sudah melakukan masturbasi terlalu sering?

Menurut Dan Drake, terapis kecanduan seks dan konselor klinis, memang tidak ada angka tertentu untuk ini.

"Namun makin sering Anda bermasturbasi, itu tidak akan masalah sampai mempengaruhi kehidupan dengan cara yang negatif," kata Drake seperti dilansir Men's Health pada Rabu (9/5/2018).

Karena itulah, ada beberapa pertanda yang harus diperhatikan untuk mengetahui apakah Anda masturbasi terlalu sering.

1. Menyakiti diri sendiri

Menurut Tobias Kohler, ahli Urologi di Southern Illnois University, Amerika Serikat, beberapa orang melakukan masturbasi hingga melukai diri sendiri.

Cedera yang didapat bisa ringan seperti pengelupasan kulit, hingga masalah serius seperti Peyronie, menumpuknya jaringan parut di batang penis yang disebabkan terlalu banyak tekanan saat masturbasi.

2. Pekerjaan terbengkalai

Jika kebiasaan masturbasi mengganggu kehidupan sosial dan pekerjaan Anda, berhati-hatilah. Tidak hanya itu, hubungan seks dengan pasangan mungkin juga terganggu.

Maka, saatnya menyesuaikan rutinitas Anda agar tidak mengganggu kehidupan lainnya. 

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menderita karena tidak masturbasi

3. Kehidupan seks yang menderita

Beberapa pria melakukan masturbasi dengan rangsangan tertentu seperti film porno dan "teknik" tertentu. Ketika mereka berhubungan seks, Kohler mengatakan belum tentu mereka mendapat perasaan yang sama.

Hal ini dikarenakan, otak dan tubuh akan terbiasa dengan cara-cara yang kerap dilakukan saat masturbasi. Jelas saja, ini bisa menyebabkan masalah serius bahkan disfungsi ereksi.

"Jika itu terjadi, Anda punya masalah yang harus ditangani," kata Kohler.

4. Selalu kepikiran

Jika bangun tidur ingin masturbasi, saat makan siang terpikirkan adegan seks favorit. Atau ketika dalam perjalanan pulang ada perasaan ingin segera "mengeluarkannya".

Jika mengalami itu semua, itu pertanda Anda kecanduan dan masturbasi berlebihan. Ini bisa menjadi masalah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.