Sukses

Sulit BAB, Lakukan 5 Cara Tak Biasa Ini agar Plong

Ketika segala sudah dicoba, mulai dari makan pepaya hingga minum banyak air putih tak berhasil, masih ada beberapa cara agar bisa buang air besar (BAB).

Liputan6.com, Jakarta Sulit BAB alias buang air besar bisa membuat tak nyaman. Ketika segala sudah dicoba mulai dari makan pepaya hingga minum banyak air putih tak berhasil, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendorong kotoran keluar dari tubuh.

1. Minum air hangat

Saat sulit BAB, pastikan air yang diminum adalah air hangat karena bisa menstimulasi sistem pencernaan. Nanti akan terjadi gerakan peristaltik, yakni sebuah proses yang menyebabkan otot-otot usus mendorong kotoran ke rektum, seperti disampaikan Direktur Digestive Health Center Augusta University, Amerika Serikat, Satish Rao.

2. Minum kopi

Selain minuman hangat bisa juga mencoba minum kopi. Menurut riset yang dilakukan Rao, kandungan kafein pada kopi memicu kontraksi di usus 60 persen lebih kuat dari air hangat.

"Ada senyawa dalam kopi yang memicu produksi hormon tertentu yang membantu tubuh mengeluarkan kotoran," kata Rao.

Selain itu, sebuah studi juga menemukan bahwa sepertiga partisipan yang terlibat studi menyatakan keinginan BAB 20 menit setelah minum kopi.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bangun lebih pagi

Jika hari ini tidak bisa BAB, pastikan besok bangun lebih pagi. Proses pencernaan makanan telah terjadi di malam hari, lalu sisa pencernaan akan dibuang saat pagi hari. Bila bangun terlambat alias siang hari membuat sinyal untuk BAB juga "mati".

"Tubuh memiliki ritual dan program. Jika Anda peduli pada sinyal itu, BAB akan keluar. Bila tidak menghiraukan sinyal, ya akan mati," katanya.

4. Membayangkan sesuatu

Rao sering menyarankan kepada pasiennya yang kesulitan BAB untuk menggunakan teknik imajinasi. "Bayangkan ada bagian tubuh yang menahan air. Lalu, secara perlahan-lahan membukanya, kemudian keluarkan seberapa banyak yang diinginkan," kata Rao mencontohkan.

Menurut Rao, ada koneksi antara tubuh dengan pikiran. Nah dengan teknik imajinasi ini, bisa membantu BAB bisa keluar.

5. Pijat perineum

Jika keempat cara di atas tak juga berhasil, coba pijat perineum secara lembut. Perineum adalah pembatas antara anus dengan vagina atau penis. Menurut peneliti, tekanan lembut pada perineum dapat membuar rileks lubang anus sehingga feses bisa cepat keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.