Sukses

Ingin Turunkan Berat Badan dengan Main Golf, Apakah Bisa?

Golf berbeda dengan olahraga yang lain, tapi, apakah olahraga ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan?

Liputan6.com, Jakarta Anda ingin menurunkan berat badan dengan bermain golf? Coba pikirkan kembali. Kalau Anda bertanya-tanya bagaimana kontribusi golf untuk kesehatan secara keseluruhan, jelas permainan elite ini tak seperti olahraga lari, bersepeda, berenang, atau olahraga beregu lainnya.

Bahkan, golf tidak dikenal sebagai jenis kebugaran yang dikaitkan dengan meningkatnya kesehatan dan umur panjang.

Energi yang dibutuhkan untuk bermain 18 lubang juga bervariasi, tergantung individu yang memainkannya. Mulai dari mengayunkan sebuah stik dan berjalan di lapangan.

Golf memang tak bisa mengontrol berat badan. Tetapi permainan ini meningkatkan kesehatan mental. Golf adalah permainan sosial, yang memberikan peluang untuk berinteraksi dengan orang lain dan menyingkirkan stres sehari-hari yang terjadi di luar latihan.

Terlepas dari popularitas golf, sangat sedikit data tentang sejauh mana pemain golf mengumpulkan 150 menit seminggu melakukan aktivitas intensitas sedang untuk memperoleh manfaat kesehatan yang terkait dengan aktif secara fisik.

Studi yang mengkaji energi yang dihabiskan selama satu jam bermain golf menunjukkan kisaran kalori yang terbakar dengan intensitas dari rendah ke tinggi diperkirakan 264-450 atau 531-2,467 per 18 lubang yang dimainkan seperti dilansir Montreal Gazette, Selasa (8/5/2018). 

Mengapa perbedaan jumlah kalori yang dibakar jauh? Usia, tingkat kebugaran, jenis kelamin dan berat pegolf yang membuat perbedaan. Misalnya pegolf yang lebih tua, lebih berat, lebih kurus dan pegolf pria membakar kalori terbanyak.

Selain itu, saat di lapangan pilihan pegolf yang menggunakan mobil golf atau berjalan kaki di jalur berbukit dengan membawa tas golf sendiri di bahu bisa membakar jumlah kalori terbanyak.

Berjalan 18 lubang akan mencatat antara 11.245 dan 16.667 langkah atau empat hingga delapan mil di pelacak aktivitas Anda. Namun, karena sebagian besar program berbukit mengharuskan pegolf menggunakan kereta, angka-angka itu jadi tidak biasa.

Itulah masalahnya, ketika harus menentukan intensitas rata-rata bermain, ada begitu banyak variabel, sehingga sulit untuk melihat data akurat tentang berapa banyak kalori yang dikeluarkan pegolf.

Adapun berapa langkah pegolf saat menggunakan kereta, rata-rata 6.000, meskipun sekali lagi jumlahnya sangat bervariasi.

Meskipun kalori berhasil dikeluarkan dan banyak melangkah, indeks massa tubuh (BMI) pegolf tidak lebih baik daripada non-pegolf, yang menunjukkan golf tidak berperan besar dalam mengontrol berat badan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Kesehatan Golf

Cara lain untuk mengukur efek kesehatan golf adalah dengan membandingkan harapan hidup pegolf versus non-pegolf. Studi Swedia dan Amerika menunjukkan pegolf cenderung hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang lebih menetap. Tapi ada kemungkinan pengaruh faktor lain selain golf yang berkontribusi pada perkiraan lima tahun ekstra kehidupan yang dialami sebagian besar pemain golf dari waktu ke waktu.

Bagi Anda yang berjalan dan mengumpulkan 150 menit olahraga moderat dalam seminggu, bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker usus besar dan payudara, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan stroke.

Untuk permainan golf itu sendiri, segala hal mulai dari mengayunkan tongkat sampai membungkuk untuk mengambil bola akan membantu menjaga keseimbangan, kekuatan dan fungsi otot seiring bertambah usia.

Lalu ada sisi lain dari golf; salah satunya menyebabkan cedera. Golf keras di punggung, pergelangan tangan, siku, tangan dan bahu, lebih cenderung merasakan efek permainan.

Sekitar 60 persen pegolf akan mengalami semacam cedera selama karir bermain mereka, dengan calon utama pegolf lebih sering untuk cedera berlebihan dan pegolf kurang berpengalaman lebih rentan terhadap cedera yang berhubungan dengan teknik yang buruk.

Mekanik ayunan yang baik, bantuan pemanasan fisik yang cukup dan bantuan fisik yang lebih baik dalam menjaga cedera. Tubuh yang bergerak dengan nyaman melalui rentang gerak yang lebih lengkap lebih mampu menguasai rangkaian gerakan rumit yang membentuk ayunan golf.

Ini juga merupakan permainan di luar ruangan, yang memberi kesempatan pemainnya bernapas bebas. Udara segar dan sinar matahari telah lama dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.