Catat, 1 Kunci Pernikahan Langgeng ala Penulis Lepas

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 07 Mei 2018, 20:15 WIB
Diperbarui 07 Mei 2018, 20:15 WIB
Pasangan - hubungan cinta (iStock)
Perbesar
Ilustrasi pasangan bahagia - hubungan cinta (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Menjaga pernikahan langgeng bukan perkara mudah. Kehidupan pernikahan yang awalnya hanya terdiri dari dua orang, berkembang dengan hadirnya anak-anak. Perubahan peran menjadi orangtua dengan segala kerepotannya terkadang membuat interaksi suami-istri menjadi tak sehangat dulu. Bahkan, mencari waktu untuk dihabiskan berdua pun terasa begitu sulit.

Penulis lepas Meredith Ethington menuliskan salah satu resep pernikahan langgeng dalam perayaan 15 tahun perkawinannya yang dimuat ulang oleh laman Today, dilansir Senin (7/5/2018). Dalam tulisannya, Meredith menekankan, selain cinta, diperlukan rasa suka pada pasangan agar pernikahan langgeng.

Meredith dan suami merayakan ulang tahun pernikahan ke-15 dengan melakukan hiking 6 mil. Hanya mereka berdua, tanpa anak-anak. Suami Meredith membeli hammock dan menyiapkan makan siang super lezat untuk perjalanan mereka hari itu. Lelah berjalan dan mendaki sejauh 6 mil terbayarkan dengan duduk berdua di hammock, menikmati makan siang dengan pemandangan alam nan indah di depan mata.

Saat tengah melepas lelah itulah suami Meredith mengatakan, "Kamu tahu enggak, setiap kali kita punya waktu luang tanpa anak-anak, aku selalu diingatkan betapa aku sangat suka menghabiskan waktu bersamamu."

Meredith merespons secara jenaka dengan menanyakan kembali apakah itu adalah sanjungan atau sang suami sekadar meledeknya. Namun, pada waktu yang sama Meredith juga merasakan betul bahwa ucapan itulah yang perlu dan ingin dia dengar dari pasangan hidupnya. Itulah kunci pernikahan langgeng yang diperlukan dan terkadang terlupakan. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Kesibukan mengurus anak

Hal Kecil di Hubungan Asmara Ini Rutin Dilakukan Pasangan Bahagia
Perbesar
Penasaran apa yang membuat pasangan selalu bahagia dalam sebuah hubungan asmara? Simak di bawah ini. (iStockphoto)

Meredith menyadari, menjadi ibu terkadang membuatnya jadi sosok yang mudah mengomel. Kesibukan mengurus anak bisa jadi hal yang membuat stres dan mengurangi kebersamaan bersama suami.

Bagi Meredith, kesibukan mengurus anak terkadang membuatnya sulit menjadi versi terbaik dirinya. Kurang tidur, pekerjaan rumah yang tak ada habisnya, menerapkan disiplin, dan waktu yang terbatas kerap membuat seseorang tenggelam dalam kesibukan itu dan melupakan diri sendiri.

Kesibukan mengurus anak dan rumah pun kerap membuat pasangan langsung tertidur dan tak sempat saling menyatakan cinta. Waktu berjalan begitu cepat yang bisa jadi sebagian besarnya didominasi kesibukan mengurus dan membesarkan anak.

Mendengar suami mengungkapkan bahwa dia tetap menyukai istrinya adalah hal yang paling perlu didengar istri. Jadi, belajar dari pengalamannya, Meredith menyampaikan pesan pernikahan langgeng untuk memilih orang yang benar-benar kamu sukai untuk menghabiskan sisa hidup bersama.

"Karena ketika hidup mejadi begitu sulit, dan kamu tahu bahwa kamu saling mencintai, adalah sama pentingnya untuk mengingat bahwa kalian juga sama-sama saling menyukai," tutup Meredith.

Lanjutkan Membaca ↓