Sukses

Mengejutkan, Kondisi Umum Ini Bisa Membuat Gigi Ngilu!

Gigi Anda pernah tiba-tiba terasa ngilu? Coba perhatikan, mungkin dua hal umum ini jadi penyebabnya!

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah gigi Anda tiba-tiba terasa 'nyut-nyutan' atau ngilu padahal sebelumnya baik-baik saja? Hati-hati, bisa jadi Anda menderita gigi sensitif.

Perlu diketahui, satu dari tiga orang di Indonesia menderita gigi sensitif, tetapi hanya 30 orang yang mengatasinya. Padahal, kalau dibiarkan telalu lama, rasa sakit akan terus muncul dan semakin parah.

Kalau sudah begini, semuanya serba salah. Rasa ngilu dapat mengganggu semua aktivitas dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat makan, minum, atau tidur. Bahkan, sekadar untuk bercengkerama dan menikmati kebersamaan dengan orang terdekat pun tidak bisa.

Untuk membuktikan apakah Anda benar-benar menderita gigi sensitif atau tidak, coba deh perhatikan kapan rasa ngilu tersebut biasa timbul? Setidaknya ada dua stimulus yang sering kali menimbulkan rasa ngilu pada penderita gigi sensitif. Cari tahu yuk!

Cuaca dingin

Pernah enggak gigi Anda tiba-tiba ngilu pas cuaca lagi dingin? Cuaca dingin merupakan salah satu faktor penyebab rasa ngilu pada gigi. Pasalnya, gigi akan memuai dan berkontraksi saat terkena stimulus yang sangat dingin atau panas.

Lambat laun, kondisi tersebut dapat membuat gigi retak dan mengekspos dentin--lapisan yang berada di bawah enamel gigi. Ketika dentin terekspos, gigi pun akan lebih sensitif dan mudah merasa ngilu di cuaca dingin.

Makanan manis dan asam

Makanan asam dapat mengikis lapisan enamel hingga membuat dentin terekspos. Menurut American Dental Association, saat gigi telah mengalami pengikisan dentin, makanan manis yang mengandung gula dapat memperburuk kondisi gigi Anda dan membuatnya terasa lebih ngilu.

Karena itu, sebaiknya hindari makanan yang terlalu manis dan asam, seperti es krim, permen, tomat, jeruk, lemon, dan stroberi. Selain itu, lindungi pula gigi dengan proteksi tambahan.

Lindungi gigi dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif. Biasanya pasta gigi khusus gigi sensitif memiliki formula yang dapat melindungi gigi dari rasa ngilu hingga berjam-jam.

Salah satu pasta gigi khusus gigi sensitif ialah Sensodyne. Pasta gigi ini telah teruji secara klinis meredakan rasa ngilu akibat gigi sensitif.

Nah, kalau gigi sudah terproteksi dengan baik, Anda pun tak perlu khawatir lagi merasa ngilu meski berada di tempat dingin atau mengonsumsi makanan terlalu manis dan asam. Jadi, jangan lupa sikat gigi pakai pasta gigi Sensodyne ya!

 

 

(ADV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.