Sukses

Wajib Tahu Risiko Mengerikan dari Ekstensi Bulu Mata

Bulu mata bisa panjang dan lentik lewat teknik ekstensi ini. Namun, bagi yang tertarik melakukannya perlu tahu risikonya ya.

Liputan6.com, Jakarta Ekstensi bulu mata kini jadi salah satu tren di kalangan wanita. Dengan teknik tersebut, bulu mata bisa jadi panjang dan lentik tanpa repot. Namun, Anda perlu tahu risiko di belakangnya ya.

Mengutip Livestrong, ekstensi bulu mata memiliki risiko negatif bagi kesehatan seperti alergi, infeksi mata dan rambut sekitar yang rontok. Kondisi tersebut telah dikaitkan dengan proses ekstensi bulu mata sejak jauh-jauh hari sebelum fenomena ini menjadi tren.

Fakta tersebut bahkan telah dikaji lewat sebuah studi pada 2012 silam. Para peneliti mewawancarai 120 wanita yang menjalani ekstensi bulu mata dan menemukan bahwa hampir 98 persen dari mereka mengalami mata kering, gatal, bengkak, sensasi terbakar, hingga keluarnya nanah.

College of Optometris memperingatkan bahwa zat yang digunakan dalam lem penyambung bulu mata dapat mengiritasi serta merusak mata. Kondisi traksi alopecia, yakni kerontokan karena terlalu banyak ketegangan pada batang rambut, juga bisa terjadi.

Orly Avitzur, penasihat medis untuk ConsumerReports.org pun menyebutkan bahwa ekstensi bulu mata dapat menyebabkan peradangan konjungtiva. Kondisi tersebut terjadi ketika membran bagian dalam yang menutupi kelopak mata Anda meradang.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah risiko ekstensi bulu mata

bagi Anda yang masih penasaran untuk melakukannya, ada beberapa tips dari praktisi perawatan mata untuk menjaga mata Anda tetap sehat saat melakukan ekstensi.

Susan Blakeney, penasehat optometri di College of Optometrists, menyarankan pasien untuk melakukan tindakan tersebut di tempat yang memiliki reputasi baik dan mengikuti semua instruksi perawatan yang ada. Jangan hanya mengincar harga murah, sangat penting untuk mengutamakan keselamatan diri Anda.

Sementara itu, Lee Shettle, seorang dokter mata di Largo, Florida, merekomendasikan agar pasien menanyakan jenis lem yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko reaksi alergi yang akan langsung mengenai mata Anda.

Sementara itu, dokter Astrid Wulan Kusumoastuti memberikan imbauan bagi Anda yang hendak melakukan modifikasi kecantikan ini.

“Jadilah konsumen yang cerdas sebelum mengikuti tren. Jangan sampai niat mempercantik diri malah berbalik merugikan. Apalagi kalau sampai menghilangkan kecantikan asli Anda,” ujar dr. Astrid.

Ekstensi bulu mata memang dapat menambah daya tarik Anda, namun tindakan ini ternyata menyimpan risiko bagi kesehatan mata. Jika ingin tampil cantik, rawatlah selalu kesehatan mata Anda.

Namun jika Anda tetap ingin menjalani ekstensi bulu mata, ikuti kiat-kiat di atas agar hasil yang Anda dapatkan, tidak membahayakan kesehatan mata Anda.

 

 

Penulis: Bobby Agung Prasetyo

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.