Sukses

Semakin Tua, Bau Mulut Semakin Tajam

Bau mulut pada orang tua semakin tajam sesungguhnya tak terkait langsung dengan pertambahan usia. Lalu apa?

Liputan6.com, Jakarta Pernah tidak menyadari bau mulut atau halitosis orangtua kita semakin tajam seiring umurnya bertambah? Jika iya, Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Bau mulut pada orang tua semakin tajam sesungguhnya tak terkait langsung dengan pertambahan usia. Penyebab pada umumnya adalah hubungan antara kebersihan mulut dan penyakit yang mendera seiring bertambahnya usia, seperti disampaikan juru bicara American Dental Association, Judith A Jones.

"Kebersihan mulut lebih jadi masalah bagi orang tua karena penyakit yang menyertainya," kata Jones mengutip laman Health, Sabtu (5/5/2018).

Misalnya saja orang-orang di atas usia 65 tahun rentan terkena radang sendi. Kondisi ini membuatnya jadi sulit menggosok gigi. "Ada plak dan bakteri menumpuk yang lama-kelamaan membuat bau mulut dan masalah kesehatan mulut lainnya," kata Jones.

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulut Lebih Kering

Lalu, penyakit khas lansia lainnya seperti alzheimer atau parkinson juga memengaruhi kemampuan koordinasi tubuh. Hal ini membuat mereka sulit menggosok gigi.

"Ketika mulai tergantung dengan orang lain, kemampuan lansia merawat diri juga berkurang," kata Jones.

Seiring bertambahnya usia, mulut juga semakin kering. Ini juga bisa membuat bau mulut jadi lebih tajam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.