Sukses

4 Olahraga Ini Dukung Ibu Lewati Persalinan dengan Lancar

Beberapa olahraga berikut rupanya bisa membantu ibu bisa melahirkan dengan lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta Semua ibu hamil pasti mendambakan bisa melewati persalinan dengan lancar. Beberapa olahraga berikut rupanya bisa membantu ibu bisa melahirkan dengan lebih baik. 

Seperti yang dilansir dari famifi.com, olahraga ini bisa membantu menjaga kesehatan selama kehamilan hingga membantu melancarkan proses persalinan. Hanya saja memang harus tetap memperhatikan keselamatan dan kondisi kandungan ya moms.

1. Olahraga yoga

Gerakan yoga sederhana sangat baik dilakukan ibu hamil. Selain bisa menjaga kesehatan tubuh, yoga juga bisa bantu kurangi stres. Saat usia kandungan semakin tua, mungkin agak sulit untuk melakukan semua gerakan yoga. Jadi cukup disesuaikan saja dengan kemampuan dan tingkat kenyamanan.

2. Berenang

Tentu saja untuk olahraga ini harus ada pelatih atau pendamping yang berpengalaman. Berenang bisa jadi salah satu jenis olahraga untuk membantu ibu hamil tetap bugar. Berat badan yang naik dan perut yang makin besar pun bukan jadi masalah saat tubuh sudah masuk ke dalam air.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kardio ringan

 

Sendi-sendi tubuh mungkin akan rentan cedera saat hamil. Di sini untuk menjaga kesehatan tubuh, kita bisa melakukan olahraga kardio ringan. 

 

4. Angkat beban

Olahraga angkat beban masih tergolong aman untuk ibu hamil selama masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Akan lebih aman bila saat melakukan olahraga ini didampingi oleh pelatih profesional. Mengingat untuk mengangkat beban selama hamil perlu ekstra hati-hati.

Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memilih jenis olahraga tertentu untuk dilakukan selama hamil. Selama dilakukan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan, olahraga rutin selama hamil bisa memberi banyak manfaat positif untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

 

Penulis: Endah Wijayanti

Sumber: vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.