Sukses

Setop Kebiasaan Kucek-Kucek Mata, Dokter Tidak Menganjurkan

Mata yang terasa gatal dan kering jangan dikucek atau digosok, tapi Berikan Obat Tetes Mata

Liputan6.com, Jakarta Dokter Spesialis Mata Konsultan dari SILC Lasik Center at Klinik Mata Cahaya Tijar, Sophia Pujiastuti, mengimbau agar kita menghentikan kebiasaan mengucek atau menggosok menggunakan jari saat mata terasa gatal.

Dia memang membenarkan bahwa rasa gatal langsung berkurang sesudah menguceknya. Akan tetapi cara seperti ini tidak dianjurkan sama sekali.

Mata ibarat kulit. Ketika kulit kering lalu kita menggosok atau menggaruknya, yang terjadi malah iritasi.

"Kita refleks menggaruk atau mengucek mata karena (sebenarnya) mata dalam keadaan kering. Jangan dikucek, nanti mudah iritasi," kata Sophia pada sebuah kesempatan belum lama ini.

Saksikan juga video menarik berikut: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mata Terasa Kering dan Gatal Sebaiknya Bagaimana?

Sebenarnya, cara paling dianjurkan adalah menggunakan obat tetes mata. Hanya saja, kita harus mengetahui dulu penyebab mata terasa kering dan gatal, sehingga tidak salah menggunakan obat tetes mata.

Menurut Sophia, tak jarang mata kering dan terasa gatal karena adanya alergi. Perawatannya jelas berbeda dengan kondisi yang biasa.

"Saya sarankan konsultasikan dulu sama dokter sebelum memakai obat apapun. Kalau misalnya karena alergi, perawatannya tentu saja pemberian obat antialergi," ujar dia.

Dengan mengecek ke dokter kita jadi tahu obat mata apa yang harus digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.