Sukses

4 Cara Olahraga Bisa Perkuat Mental (1)

Berikut ini beberapa motivasi ala olahraga, yang bisa dierapkan untuk membentuk mental yang lebih kuat

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, memiliki mental yang kuat juga dibutuhkan. Terutama untuk menghadapi tekanan dan stres pekerjaan atau gaya hidup yang banyak terjadi di zaman sekarang.

Namun salah satu cara untuk melatih mental dengan cepat adalah olahraga. Hal ini karena mental yang kuat juga dibutuhkan untuk memberikan ketahanan fisik bagi Anda yang ingin melatih tubuh agar lebih kuat.

Psikolog olahraga, Dr. Jim Afremow memiliki beberapa motivasi untuk memberikan mental yang kuat dalam menghadapi berbagai hal dalam kehidupan, dilansir dari Men's Health pada Rabu (2/5/2018).

1. Para juara tidak hanya bicara pada diri mereka sendiri, mereka juga mendengarkan

Anda harus memperhatikan perasaan untuk kemudian meresponnya. Jika meragukan diri sendiri, hasilnya adalah negatif. Balikkan itu semua dan katakan berbagai hal positif untuk diri sendiri.

"Kita tidak bisa mengendalikan apa yang kita pikirkan, tetapi kita bisa mengendalikan apa yang kita katakan pada diri sendiri," kata Afremow.

Afremow percaya pada kekuatan yang positif. "Tetap positif di salah satu sisi adalah penting, namun di sisi lain kita perlu tetap berwatak manusia.

Sehingga, penting untuk memberikan dorongan pada diri sendiri untuk berhasil. Selain itu, cobalah hal tersebut agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Namun, Anda juga harus realistis. Tidak perlu bersikap menjadi seorang yang perfeksionis dan yakinlah bahwa Anda akan menghadapi setiap tantangan di langkah yang pertama.

Percayalah pada diri sendiri apa pun yang terjadi.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sikap Pemenang

2. Menang adalah sikap

Sulit untuk tetap optimis ketika berbagai hal tidak berjalan sesuai keinginan. Namun, menang adalah soal sikap. Selain itu, hanya Anda yang bisa mengatur pandangan positif.

"Tujuannya adalah untuk membentuk pola pikir positif setiap hari.' kata Alfenrow.

"Kita tidak akan selalu seratus persen, tetapi kita ingin mendapatkan seratus persen dari apa pun yang kita lakukan sekarang."

Tulislah tujuan Anda di kertas. Buatlah rencana latihan di tempat yang terlihat sepanjang hari. Unggahlah kutipan motivasi. Hal itu bisa membantu membentuk nada positif yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.