Sukses

Untung Rugi Libur di Tengah Pekan

Hampir semua orang yang bisa libur di peringatan Hari Buruh Sedunia ini pasti senang bisa kembali beristirahat. Lalu, apa untung dan rugi libur di tengah pekan seperti hari ini?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak senang ada libur di tengah pekan seperti hari ini. Hampir semua orang yang bisa libur di peringatan Hari Buruh Sedunia ini pasti senang bisa kembali beristirahat. Lalu, apa untungnya bisa libur di tengah pekan seperti hari ini?

Libur di tengah pekan seperti hari ini memiliki efek positif dan negatif bagi pekerja seperti diungkapkan psikolog Roosevelt University di Chicago, Amerika Serikat, Steven Meyers.

Efek negatif dari libur di tengah pekan adalah terganggunya jadwal tidur. Salah satu kebiasaan masyarakat adalah hari libur adalah beraktivitas hingga malam. "Sementara keesokan harinya, harus bangun pagi karena bekerja. Jika seperti itu, berarti kurang waktu untuk tidur," kata Meyers.

Padahal, kurang tidur satu jam saja bisa mengganggu performa kerja. Lalu, suasana hati jadi gampang berubah dan sering membuat kesalahan seperti disampaikan Meyers mengutip Huffington Post, Selasa (1/5/2018).

Satu hari libur di tengah pekan juga bisa membuat produktivitas menurun dan ritme bekerja juga jadi melambat. "Orang-orang tidak lagi memiliki rutinitas kerja yang sama dan proyek yang sedang dikerjakan jadi terganggu," katanya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat libur di tengah pekan

Walau begitu, ada manfaat yang bisa dirasakan pekerja yang mendapatkan libur di tengah pekan yakni suasana hati yang bahagia. "Perasaan bahagia ini membuat orang jadi lebih bersikap positif, rileks. Dan efek dari perasaan bahagia ini terasa sampai keesokan harinya ketika kembali bekerja," tuturnya.

Libur pendek yang dimanfaatkan dengan baik yakni benar-benar untuk rileks bisa membantu meningkatka performa bekerja. "Sesudah melewati hari libur, besok bisa bangun dengan segar dan punya ide-ide segar," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.