Sukses

Konsumsi Vitamin B6 Buat Anda Mampu Mengingat Mimpi

Ingin mengingat mimpi yang indah namun susah? Cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung vitamin B6

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda punya mimpi yang bikin penasaran namun sulit mengingatnya, cobalah konsumsi vitamin B6. Sebuah penelitian mengatakan, mengonsumsinya bisa membantu seseorang untuk mengingat mimpi.

"Hasil kami menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin B6 meningkatkan kemampuan orang untuk mengingat mimpi dibandingkan dengan plasebo," kata penulis dalam penelitan tersebut Dr. Denholm Aspy, dari Fakultas Psikologi Universitas Adelaide, Austrlia, seperti dikutip dari Science Daily, Minggu (29/4/2018).

Studi yang diterbitkan secara daring sebelum dicetak dalam Perceptual and Motor Skills ini, mengambil 100 peserta dari seluruh Australia untuk mengonsumsi suplemen B6 dengan dosis tinggi sebelum tidur, selama lima hari berturut-turut.

"Vitamin B6 tidak mempengaruhi kejelasan, keanehan, ataupun warna mimpi mereka, dan tidak mempengaruhi aspek lain dalam pola tidur," tambah Aspy.

Simak juga video menarik berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mimpi Lebih Nyata

Aspy menambahkan, ini merupakan pertama kalinya studi tersebut dilakukan untuk pada kelompok besar dan berbagai ragam orang.

Sebelum mengonsumsi suplemen, banyak peserta yang jarang mengingat mimpi mereka. Namun di akhir penelitian, mereka melaporkan adanya perubahan.

"Sepertinya waktu berlalu dalam mimpi saya dengan jelas dan lebih mudah untuk diingat. Saya juga tidak kehilangan potongan seiring berlalunya waktu," kata salah satu peserta penelitian.

"Mimpi saya lebih nyata. Saya tidak sabar untuk pergi tidur dan bermimpi," ujar peserta lainnya.

3 dari 3 halaman

Vitamin B6 Bantu Lucid Dreaming

Dr Aspy mengatakan: "Rata-rata orang menghabiskan sekitar enam tahun hidup mereka bermimpi. Jika kita mampu menjadi jernih dan mengendalikan mimpi kita, waktu bermimpi akan menjadi lebih produktif."

Aspy juga mengatakan, lucid dreaming juga berguna untuk mengatasi mimpi buruk, mengobati fobia, dan membantu rehabilitasi dari trauma fisik.

"Untuk mendapatkan lucid dream, penting untuk bisa mengingat mimpi secara teratur. Studi ini menunjukkan vitamin B6 membantu orang untuk melakukan itu."

Vitamin B6 sendiri terdapat dalam beberapa makanan seperti sereal gandum utuh, kacang-kacangan, buah-buahan (seperti pisang dan alpukat), sayuran (seperti bayam dan kentang), susu, keju, telur, daging merah, hati, dan ikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.