Khasiat Teh Hijau untuk Atasi Karies Gigi, Benarkah?

Oleh Liputan6.com pada 26 Apr 2018, 15:30 WIB
Diperbarui 26 Apr 2018, 15:30 WIB
Matcha
Perbesar
Matcha atau teh hijau (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Teh hijau (Camellia sinensis) mempunyai aktivitas antioksidan dan sifat antiinflamasi seperti polifenol (khususnya jenis catechin), mineral dan vitamin. Kandungan catechin pada teh hijau juga lebih banyak dibanding teh hitam maupun teh oolong.

Telah banyak penelitian ditujukan untuk menguji kekuatan catechin dan khususnya Epigallocatechin Gallate (EGCG).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa EGCG pada teh hijau mempunyai efek yang signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan jaringan parut, sehingga terjadi pertumbuhan regenerasi jaringan baru.

Zat EGCG yang terkandung dalam teh hijau memiliki dampak baik pada jaringan mulut dan gigi. Namun, Anda tidak bisa hanya mengandalkan kebersihan dan kesehatan dari rongga mulut hanya dengan teh hijau. Karena ternyata, zat EGCG yang terdapat dalam teh jenis ini tidak memberikan manfaat pada kondisi pemulihan karies gigi.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan teh hijau lebih memberikan efek positif pada jaringan gusi dibanding dengan efeknya terhadap karies gigi. Jadi, teh hijau memang memberikan dampak baik terhadap mulut , namun hanya menurunkan kadar plak dan mengatasi radang pada jaringan mulut.

Jadi, teh hijau memang baik, tapi belum cukup efektif untuk mengatasi karies gigi. Karena karies yang terdapat pada gigi harus segera dibuang dan ditambal oleh dokter gigi. Oleh sebab itu, jagalah selalu kesehatan gigi dan gusi Anda dengan rajin berkumur, menggosok gigi, dan memeriksakan kondisi gigi setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

Penulis : drg. Diego Dimas M.M/ Klik Dokter

Lanjutkan Membaca ↓