Sukses

Minum Larutan Soda Kue Bisa Cegah Penyakit Autoimun?

Tak hanya dimanfaatkan untuk memasak dan membersihkan rumah, soda kue ternyata dapat dikonsumsi, bahkan baik bagi kesehatan. Konsumsi larutan soda kue dapat membantu mencegah penyakit autoimun.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak menyangka soda kue ternyata dapat dikonsumsi dalam bentuk larutan, bahkan bermanfaat bagi kesehatan. Sebuah penelitian ilmiah baru-baru ini mengungkapkan mengonsumsi larutan soda kue dapat membuat Anda terhindar dari beberapa masalah kesehatan, salah satunya penyakit autoimun.

Dilansir dari Tech Times, Kamis (26/4/2018), sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical College of Georgia di Universitas Augusta ini menemukan konsumsi larutan soda kue dapat menurunkan risiko seseorang mengalami rematik dan lupus.

Penelitian yang dipimpin oleh ahli fisiologi ginjal, Dr. Paul O'Connor ini dilakukan dengan memberikan larutan soda kue pada dua subyek, yakni manusia sehat dan tikus.

Ketika dua subjek meminumnya, larutan soda kue tersebut pun bereaksi pada perut dan limpa mereka. Ketika perut memproduksi asam guna mencerna makanan, sel mesothelial menjaga tubuh agar tidak terjadi infeksi bakteri.

Tim peneliti mengidentifikasi sel mesothelial sebagai pelindung organ penting. Adapun limpa yang memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh, bertindak sebagai penyaring aliran darah.

Berdasarkan penelitian tersebut, para peneliti menemukan setelah kedua subyek meminum larutan soda kue selama dua minggu, sel-sel kekebalan tubuh pun beralih fungsi, sehingga berfokus pada peradangan dalam tubuh. Sel-sel kekebalan yang disebut makrofag ini ditemukan dalam limpa, ginjal, dan aliran darah.

Selain itu, peneliti juga menemukan konsumsi soda kue dapat meningkatkan ukuran limpa seseorang. Menurut mereka, ukuran limpa yang membesar ini terjadi karena adanya stimulus anti-inflamasi atau anti radang.

O'Connor optimis temuannya tersebut dapat membantu banyak orang yang mengalami penyakit autoimun.

 

Saksikan juga video berikut ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegunaan soda kue lainnya

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, terutama dalam mengatasi penyakit autoimun, soda kue pun menjadi salah satu produk yang sangat berguna. Salah satu bahan pembuat kue ini dapat digunakan untuk membersihkan perabotan rumah.

Tak hanya itu, dengan melarutkan satu sendok teh soda kue pada segelas air, Anda pun dapat mengatasi sakit maag.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.