Sukses

Waspada, Batuk 100 Hari Bisa Tewaskan Buah Hati Anda

Bayi baru lahir bisa batuk 100 hari karena sang yang ibu tidak punya kekebalan tubuh yang baik

Liputan6.com, Jakarta Batuk 100 hari dalam bahasa medisnya disebut batuk rejan atau pertusis. Disebut batuk 100 hari karena gejala batuk yang dialami panjang dan butuh waktu lama untuk sembuh.

Bayi baru lahir pun bisa mengalami batuk rejan yang dipengaruhi kondisi kesehatan sang ibu.

"Bayi baru lahir bisa batuk rejan karena ibu tidak punya kekebalan tubuh yang baik," kata Ketua Satgas Imunisasi IDAI Cissy B Kartasasmita dalam cara Pekan Imunisasi Sedunia 2018 di Gedung Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Jakarta pada Rabu (25/4/2018).

Ketika batuk rejan, bayi juga ikut muntah-muntah. Batuk tersebut memang terasa menyakitkan bagi penderitanya, hingga bisa membuat bayi sulit bernapas. Pada akhirnya, nyawa bayi tidak tertolong karena kekurangan oksigen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Batuk Rejan dengan Imunisasi

Demi mencegah bayi baru lahir terkena batuk 100 hari atau batuk rejan, imunisasi perlu dilakukan. Namun, yang diimunisasi bukan bayinya, melainkan ibunya.

"Bayi kecil baru lahir itu kan belum boleh diimunisasi langsung. Yang diimunisasi itu ibunya (selama hamil)," Cissy menambahkan.

Ibu yang sudah diimunisasi akan punya kekebalan tubuh yang kuat. Janin juga tumbuh dengan sehat. Ketika lahir, bayi tidak berisiko kena batuk rejan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Batuk-batuk merupakan refleks tubuh untuk membersihkan saluran napas dari lendir atau bahan penimbul iritasi lain seperti debu atau asap.

    Batuk-batuk

  • Batuk rejan, atau juga dikenal dengan pertusis, merupakan salah satu jenis infeksi saluran pernafasan yang mudah menular.

    Batuk Rejan

  • Batuk 100 Hari

Video Terkini