Sukses

Bocah 4 Tahun Alami Pneumonia Usai Telan Air Kolam Renang

Bocah 4 tahun asal Florida kini tengah berjuang bertahan hidup setelah tak sengaja menelan air kolam renang.

Liputan6.com, Jakarta Bocah 4 tahun asal Florida kini tengah berjuang bertahan hidup melawan pneumonia setelah tak sengaja menelan air kolam renang.

Elianna Grace, bocah perempuan yang tinggal di Sarasota, Florida itu kini menjalani terapi oksigen di Sarasota Memorial Hospital setelah tak sengaja meminum air kolam renang pada 14 April lalu. Kisah tersebut diunggah oleh sang ibu, Lacey Grace, melalui akun Facebooknya.

Sabtu, 14 April 2018, Elianna berenang menggunakan pool noodle (semacam busa berenang pengganti ban berenang berbentuk pipa) di kolam renang milik neneknya. "Seperti yang dilakukan anak-anak lainnya, Elianna meniup air lewat salah satu ujung pool noodle," tulis Lacey Grace.

Tapi tindakan itu malah menyebabkan air kolam masuk ke tenggorokan Elianna. Bocah itu pun kemudian segera memuntahkan air yang tertelan. Hari itu berlalu dengan baik dan Elianna tak menunjukkan gejala apa pun. Hingga dua hari kemudian, Elianna demam, melansir laman New York Post, Rabu (25/4/2018).

Awalnya Lacey tak terlalu mengkhawatirkan kondisi Elianna beberapa hari usai main di kolam renang. "Anak-anak kerap kali demam, itu hal yang normal," ucap Lacey. Beberapa hari kemudian Lacey membawa anaknya ke rumah sakit dan dokter mengatakan Elianna harus segera masuk ruang gawat darurat. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diagnosis Pneumonia

Gadis cilik itu didiagnosis pneumonia yang menyerang saluran pernapasan dan kini mendapat bantuan oksigen. Lacey menulis, Elianna masih bergantung pada alat tersebut untuk bernapas.

Keluarga Elianna berharap asupan antibiotik bisa membantu Elianna membaik. Setidaknya paru-paru Elianna bisa mencari cara untuk mengeluarkan senyawa kimia dari kolam renang yang terhirup.

Belajar dari kejadian yang menimpa sang anak, Lacey memperingatkan para orangtua untuk segera mencari pertolongan jika anak mereka tak sengaja menelan air kolam renang. Kini, Elianna memang sudah keluar dari rumah sakit dan menjalani perawatan di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.